Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad

Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad

Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad

      Dibawah ini kami postingkan Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad SAW yang mana peristiwa – peristiwa tersebut berisi tahun dan kejadiannya yang kami dapatkan dari berbagai sumber dengan maksud agar kita sedikit lebih mengetahui tentang peristiwa – peristiwa yang dialami oleh Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW, sehingga rasa cinta kita kepada beliau menjadi lebih besar lagi. (Pelajari juga : Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman)

Inilah Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad SAW

Tahun

(Berdasarkan Tahun Masehi)

Peristiwa / Kejadian

571

Tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW di Makkah. Yang mana Ayah beliau yang bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, meninggal dunia di Yatsrib (Madinah), beberapa bulan sebelum beliau lahir. Pada masa bayi, sesuai dengan tradisi, beliau disusukan kepada Halimah as-Sa’diyah.

575 – 576

Tahun meninggalnya Ibu Nabi Muhammad SAW, yaitu Aminah binti Wahab. Kemudian beliau diasuh oleh kakek beliau yang bernama Abdul Muthalib.

578

Tahun meninggalnya kakek Nabi Muhammad SAW, sehingga setelah meninggalnya kakek beliau, beliau diasuh oleh paman beliau yang bernama Abu Talib,

610

Tahun dimana Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu pertama dari Allah di Gua Hira dengan perantaraan Malaikat Jibril yaitu Qur’an surat Al-Alaq ayat 1-5.

612 – 613

Tahun dimana Nabi Muhammad SAW mulai mensyi’arkan agama Islam dan mengajak umat manusia menyembah Allah SWT.

614

Imigrasi pertama kaum Muslim ke Abyssinia untuk menghindarkan diri dari penganiayaan orang-orang Mekah yang menyembah berhala. Mereka tinggal di sana selama tiga bulan. Imigrasi kedua ke Abyssinia, yang melibatkan lebih banyak Muslim, terjadi kemudian. Kali ini, para imigran tinggal di Abyssinia sampai tahun 628 Masehi ketika mereka bergabung kembali dengan Nabi di al-Madinah.

615

Suku Quraish menjatuhkan sanksi ekonomi dan sosial kepada umat Islam dan Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya (bani Hashim).

618 – 619

Masa runtuhnya (berakhirnya) sanksi,

618 – 619

Kematian Abu Thalib, paman Nabi. Hal ini memicu meningkatnya permusuhan dari orang-orang Mekah terhadap Nabi Muhammad SAW.

622

Hijrahnya Nabi beserta pengikutnya dari Makkah (Mecca) ke al-Madinah.

624

Pertempuran besar pertama kaum Muslim terhadap orang-orang kafir, yang dikenal sebagai perang Badar.

630

Kaum Muslim menaklukkan Mekah (Makkah) tanpa pertumpahan darah.

632

Turunnya Wahyu terakhir dari Al Qur’an.

632

Wafatnya Nabi Muhammad SAW di al-Madinah.

Wallahu a’lam bish-shawab

Itulah postingan kami tentang Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad SAW yang dapat kami sharing pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Kronologi Peristiwa Besar Nabi Muhammad diatas dapat mempertebal keyakinan kita akan kecintaan kita kepada beliau junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. (untuk versi bahasa inggris silahkan kunjungi : Major Events Chronology of Prophet Muhammad)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *