Kisah Perjalanan Ikan Kecil

Kisah Perjalanan Ikan Kecil

Kisah Perjalanan Ikan Kecil

      Pada suatu hari seorang bapak sedang di tepi sungai dengan anaknya. Sambal menikmati semilir angina dan suara gemericik air sungai tersebut, mereka saling berbincang-bincang. Sang anak lalu berkata: “Ayah, lihatlah airnya begitu jernih dengan ikan-ikan kecil berlarian nampak riang.” Kata ayah kepada anaknya; “Tahukah kamu wahai anakku bahwa tidak hanya bagi ikan-ikan itu, namun air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati.” (Baca juga : Yang Mana Harta Kita Sebenarnya)

      Pada saat yang bersamaan seekor ikan kecil mendengarkan percakapan itu dari bawah permukaan air, ia mendadak menjadi gelisah dan ingin tahu apakah air itu, yang katanya begitu penting dalam kehidupan ini. Ikan kecil ini berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya. “Hai, tahukah kalian dimanakah air itu? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati.”

      Namun ternyata semua ikan yang ditanya tidak ada yang mengetahui dimana air itu, si ikan kecil mulai gelisah, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dengan ikan sepuh yang sudah berpengalaman. Sesampainya ketemu ikan sepuh itu, ikan kecil ini menanyakan hal yang serupa, Dimanakah air itu?”

      Dengan bijak ikan sepuh itu menjawab:, “Tak usah gelisah anakku, sebenarnya air itu telah mengelilingimu, sehingga bahkan kamu tidak menyadari kehadirannya. Memang benar, tanpa air kita akan mati.” (Baca juga cerita lain pada : Amanda famous)

      Bagaimana dengan kita? Memang kita kadang-kadang mengalami situasi seperti si ikan kecil, kita disibukkan mencari kesana kemari tentang kehidupan dan kebahagiaan dengan berbagai cara, padahal kita sedang menjalani kehidupan, padahal kita dalam kehidupan ini. Kebahagiaan sedang melingkupi kita, sampai-sampai kita tidak menyadarinya.

      Itulah postingan Kisah Perjalanan Ikan Kecil yang dapat kamu bagikan pada kesmpatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Kisah Perjalanan Ikan Kecil  diatas dapat menjadikan renungan bagi kita agar kita dapat memanfaatkan kehidupan ini sebagai sarana untuk menggapai kebahagiaan yang sebenar benar kebahagiaan. (Baca juga cerita lain dalam versi Bahasa Inggris pada : True Love of Mother and Son)

Wallahu a’lam bish-shawab

You may also like...

3 Responses

  1. […] Me: “(down)” (Also read other story in Indonesian version at : Kisah Perjalanan Ikan Kecil) […]

  2. […]       Selesai itu wendari pun mengajakku ke kolam yang lumayan dangkal dan mengajariku hingga aku mulai bisa berenang, dengan senang hati aku terus mencoba gaya-gaya  yang telah diajari wendari, hingga aku merasa capek aku pun mengajak iga pulang. (Baca juga artikel lain pada : Kisah Perjalanan Ikan Kecil) […]

  3. […] Sang Ayah berkata: “Ambillah air satu gelas penuh, lalu bawa keliling masjid, ingat jangan sampai ada air yang tumpah”. (Baca juga artikel lain pada : Kisah Perjalanan Ikan Kecil) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *