Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

      Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makanan sehat yang berguna untuk pedoman masyarakat dalam memahami pola makan yang benar. Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. (baca juga : Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia)

      Tujuan dari menerapkan pola makan dengan Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna adalah tercukupinya nutrisi dan gizi bagi tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

      Jika dilihat dari kandungannya, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Dibawah ini adalah jenis makanan dengan Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna:

Makanan pokok

      Untuk pemenuhan kebutuhan gizi tubuh yang pertama dan yang paling utama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, jagung, gandum, kentang, oat dan umbi–umbian. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat ini diperlukan tubuh sebagai sumber energi.

 Lauk pauk

      Kandungan gizi yang terdapat pada lauk pauk adalah protein. Protein ini berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti yang rusak, menjaga keseimbangan asam basa, melarutkan berbagai vitamin, serta membangun bagian-bagian sel tertentu. Beberapa contoh lauk pauk yang mengandung protein adalah ikan, ayam, tahu, telur, dan tempe.

Sayur–sayuran

      Sayuran sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sayuran juga baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, dan juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Jenis sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna  hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya.

Buah–buahan

      Buah–buahan pada umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi dan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dari semua jenis buah-buahan, hampir semua memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, maka kesehatan tubuh kita dapat terjaga, dan sistem kekebalan tubuh kita juga akan meningkat. Contoh jenis buah-buahan ini yaitu, buah apel. anggur, jeruk, durian dan masih banyak lagi.

Susu

      Susu adalah pelengkap atau penyempurna dari daftar menu makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas. Sebagai penyempurna dalam melengkapi kebutuhan gizi untuk kesehatan tubuh, susu wajib untuk anda masukan dalam daftar menu makanan anda sehari-hari. Selain dengan mengkonsumsi susu murni, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan hasil olahan susu seperti keju. Susu mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin B-12 yang tentu saja sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

      Itulah postingan kami tentang Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga postingan tentang Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna diatas dapat bermanfaat. (baca juga : Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *