"> Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya - Berbagi itu Indah

Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya

Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya

Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya

Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya

 Sebelum kita membahas tentang Jenis – Jenis Seni Patung Berdasarkan Coraknya, marilah kita ingat kembali apa itu seni patung. Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan terdahulu bahwa Seni patung adalah cabang karya seni rupa tiga dimensi, diciptakan dengan metode subtraktif (metode mengurangi bahan seperti memotong, memahat, menatah dan sejenisnya) atau metode adiktif (metode yang membentuk model terlebih dahulu dengan mengecor atau mencetak). (Baca juga artikel lain pada : Between Happiness and Misery)

Dibawah ini adalah Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Posisinya.

Dilihat dari perwujudannya, ragam seni patung modern daat dibedakan menjadi 3 (tiga) corak, yaitu sebagai berikut:

1. Seni Patung Corak imitatif (realis/representatif)

Seni Patung Corak imitatif (realis/representatif) yaitu merupakan tiruan dari bentuk alam (manusia, binatang, dan tumbuhan). Perwujudan patung corak ini berdasarkan fisio plastis atau bentuk fisik baik anatomi, proporsi, maupun gerak.  karya Hendra, Trubus, Saptono, dan Edy Sunarso. Contoh patung corak Imitatif “Pembebasan” karya Edy Sunarso. (Baca juga artikel lain pada : Jenis Patung Berdasarkan Posisinya)

2. Seni Patung Corak deformatif

Seni Patung Corak deformatif yaitu seni patung yang bentuknya telah banyak berubah dari tiruan alam. Bentuk-bentuk alam diolah, digubah menurut gagasan dan imajinasi pematung. Pengubahan dari bentuk alam menjadi bentuk baru ini masih terkait dengan sifat-sifat fisik. Dari bentuk-bentuk imajinasi dan geometris selanjutnya muncul corak kubistis. Corak ini tampak pada karya pematung seperti ; But Mochtar, G Sidharta, dan lain-lain. Contoh patung corak deformatif “Dewi Kebahagiaan” karya G. Sidharta. (Baca juga artikel lain pada : Story of Snow White and Dwarfs)

3. Seni Patung Corak nonfiguratif (abstrak)

Seni Patung Corak nonfiguratif (abstrak) yaitu seni patung yang secara umum sudah banyak meningglkan bentuk-bentuk alam untuk perwujudannya (abstrak). Corak abstrak dipengaruhi oleh aliran konstruksi. Patung dipandang sebagai bentuk konstruksi, yaitu susunan material seperti besi, plat, kawat, kayu, plastik, dan sebagainya. Contoh patung nonfiguratif “Tonggak Samudra” karya G. Sidharta.

Itulah postingan kami tentang Jenis – Jenis Corak Patung yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Jenis – Jenis Corak seni Patung diatas dapat menambah wawasan kita, khususnya tentang Seni Patung. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Geografi Kelas 11 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *