Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

       Dalam bermain Bulu Tangkis, diperlukan penguasaan teknik-teknik dasar, salah satunya adalah teknik memukul shuttle cock. Berbagai jenis teknik pukulan yang berbeda dalam permainan olahraga Bulu Tangkis.  (Baca juga artikel lain pada : Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Indonesia)

Teknik memukul shuttle cock tersebut antara lain :  

  1. Pukulan Service

Pukulan service bertujuan untuk memasukkan kok ke area lawan secara diagonal dan digunakan saat memulai permainan. Pukulan service ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Servis panjang (long service).

Servis panjang dilakukan dengan memukul kok dari bawah dan diarahkan ke bagian belakang atas lapangan permainan lawan.

  • Servis pendek (short service).

Servis pendek diarahkan ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya dilakukan pada permainan ganda.

  • Flick service.

Flick service adalah cara yang dilakukan seperti servis pendek, namun pada saat hampir menyentuh kok secara tiba-tiba pergelangan tangan dilecutkan sehingga laju shuttlecock menjadi kencang dan melambung ke bagian belakang daerah servis. Jenis servis ini banyak digunakan pada permainan ganda.

  1. Pukulan Lob

Pukulan lob merupakan pukulan melambung ke arah atas dan kok nantinya akan menungkik dengan tajam ke bawah di area lawan. Pukulan lob ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni over head lob dan underhand lob yang merupakan jenis pukulan penting dalam pertahanan atau defensive dan juga menyerang atau offensive. Selain itu, dalam lob juga dikenal dengan beberapa jenis pukulan lain seperti:

  • Lob Serang

Lob serang dilakukan dari atas atau bawah, untuk lob serang dari atas dilakukan dengan kok yang diambil dari bagian depan badan dan diatas kepala kemudian dilambungkan dengan rendah sekaligus cepat sehingga membutuhkan cara melatih otot tangan untuk badminton. Lob serang dari atas ini umumnya digunakan saat melakukan serangan. Sementara itu, untuk lob serang dari bawah merupakan gerakan pukulan di mana kok yang diambil dari bawah dengan sedikit lambungan rendah dan cepat sewaktu serangan dilakukan.

Tujuan dari loba atas atau bawah ini memang untuk menyerang sebab pukulan kok akan terlihat cepat dengan melambungkan agak rendah lalu melewati area lawan di bagian belakang.

  • Lob Penangkis

Seperti pada lob serang, lob penangkis bisa dilakukan juga dari atas atau bawah. Lob penangkis atas adalah kok yang dipukul dari depan atas kepala lalu dilambungkan tinggi hingga garis belakang yang biasanya digunakan saat bertahan dari serangan. Sementara lob penangkis dari bawah adalah kok yang diambil dari bawah lalu dilambungkan dengan tinggi dan jauh hingga garis belakang yang umumnya digunakan untuk menangkis serangan lawan.

  1. Pukulan Drive

Pukulan drive merupakan pukulan kok mendatar dan cepat yang sulit dikembalikan oleh lawan. Pukulan ini umumnya diarahkan ke samping kiri atau kanan lawan yang bisa dilakukan dalam permainan ganda dan juga bisa dilakukan dengan cara forehand atau backhand. Untuk pukulan drive forehand dilakukan dengan sikap awal menghadap ke arah samping kanan lalu pukulan bola datar dilakukan dengan ayunan tangan dari arah belakang ke depan. Untuk pukulan drive backhand dilakukan dengan posisi kaki sedikit terbuka selebar bahu dan pandangan diarahkan ke samping kanan dengan badan yang juga sedikit dimiringkan ke arah kanan. Jika kok datang dari arah kanan tubuh maka harus dipukul dengan ayunan raket dari arah belakang ke depan dan usahakan bola berjalan datar.

  1. Pukulan Dropshot

Jenis pukulan bulutangkis berikutnya adalah dropshot yakni pukulan untuk menempatkan kok secepat dan sedekat mungkin dengan net di area lapangan lawan yang termasuk dalam cara bermain bulu tangkis untuk pemula. Untuk melakukan pukulan dropshot membutuhkan keterampilan dan diusahakan supaya kok jatuh secara tajam ke bawah. Pukulan dropshot ini juga bisa dilakukan dari atas atau bawah. (Baca juga artikel lain pada : Tiada Canda Tawa dalam Kehidupan Sepi)

  • Dropshot Dari Atas

Untuk memukul dropshot dari atas hampir serupa dengan pukulan smash namun saat akan menyelesaikan pukulan, pukulan dropshot tidak dilakukan secara keras namun dengan gerakan tangan yang ditahan secara mendadak dan hanya menyentuh kok sedikit saja sehingga kok akan jatuh dekat dengan net di area lawan sehingga sulit diduga lawan yang mengira jika pukulan tersebut adalah smash.

  • Drop Potong

Drop potong merupakan pukulan yang hampir serupa dengan pukulan drop penuh namun saat kok menyentuh raket makan tidak ada gerakan tertahan seperti yang ada dalam drop penuh. Drop potong dari atas bisa dilakukan untuk permainan tunggal saat mengembalikan pukulan lob mendalam dari lawan. Kok akan dipukul dengan tebasan tersebut akan terbang memutar sehingga sulit dikembalikan lawan dengan baik.

  • Dropshot Dari Bawah

Dropshot dari bawah dilakukan saat kok meluncur dengan tajam dekat dengan net dan hampir menyentuh lantai. Kok kemudian dipukul tidak terlalu kuat namun dilambungkan secara perlahan hingga nyaris menyentuh net dan jatuh pada area lawan. Pukulan dropshot bawah ini umumnya dilakukan pada permainan net pada saat lawan berada di belakang.

  1. Pukulan Smash

Smash adalah pukulan cepat dan keras serta menukik menuju ke area lawan. Pukulan smash hampir serupa dengan pukulan lob namun jika dalam pukulan lob, kok dipukul ke atas, dalam pukulan smash, kok dipukul secara tajang menungkik dengan cepat dan keras yang umumnya digunakan untuk menyerang. Agar pukulan smash ini bisa akurat dan kencang, maka dibutuhkan latihan cara memperkuat pukulan smash dalam bulutangkis. Ada beberapa jenis pukulan smash yakni:

  • Smash penuh

Dilakukan dengan memakai daun raket seluruhnya dan mempunyai kekuatan penuh namun umumnya kok akan kurang terarah. Smash penuh umumnya akan diarahkan menuju ke badan lawan dan dilakukan dengan sekuat tenaga memakai posisi pensmash sehingga harus mematikan lawan. (Baca juga artikel lain pada : Idul Fitri Identik Belanja)

  • Smash potong

Smash ini agak kurang jelas dibandingkan smash penuh namun lebih tajam dan terarah yang umumnya dilakukan menyilang sebagai smash silang atau cross smash yang bisa dilatih dengan latihan fisik bulu tangkis.

  • Around the head smash

Smash ini umumnya dilakukan di bagian depan pundak kiri atau lebih ke kiri yang dilakukan saat lawan berhasil mengembalikan smash dengan pukulan lob posisi backhand atau mengembalikan service ke arah kiri lapangan.

  • Backhand smash

Smash ini prakteknya dilakukan dari sebelah kiri yang memanfaatkan pergelangan tangan ketika kok telah melewati posisi sehingga sehingga pukulan backhand smash lebih sesuai.

  • Return Smash

Return smash merupakan pukulan yang biasanya dilakukan dalam pertahanan namun pukulan ini bisa menjadi serangan balik.

       Itulah postingan singkat kami tentang Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis yang dapat kami bagikan dalam kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan mata pelajaran olah raga materi tentang Jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis diatas dapat menambah wawasan kita tentang permainan bulu tangkis. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS PAI Kelas 9 Semester 1)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *