"> Jenis Patung Berdasarkan Posisinya - Berbagi itu Indah

Jenis Patung Berdasarkan Posisinya

Jenis Patung Berdasarkan Posisinya

Jenis Patung Berdasarkan Posisinya

Jenis Patung Berdasarkan Posisinya

 Sebelum kita membahas tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Posisinya, marilah kita ingat kembali apa itu seni patung. Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan terdahulu bahwa Seni patung adalah cabang karya seni rupa tiga dimensi, diciptakan dengan metode subtraktif (metode mengurangi bahan seperti memotong, memahat, menatah dan sejenisnya) atau metode adiktif (metode yang membentuk model terlebih dahulu dengan mengecor atau mencetak). (Baca juga artikel lain pada : Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya)

 Dibawah ini adalah Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Posisinya, antara lain:

A. Patung Free Standing

Patung Free Standing, adalah jenis patung yang cara pembuatan cara peletakkannya dengan cara berdiri tegak.

Patung Free Standing merupakan salah satu seni patung yang menampakan hampir dari seluruh bagain tubuh (secara lengkap) dengan posisi tegak berdiri, sehingga itulah mengapa patung ini disebut dengan patung Free Standing.

Contoh Patung Free Standing

  • Patung Liberty
  • Patung Jenderal Sudirman
  • Patung Chirst De Reedeemr
  • Patung Jalasveva Jayamahe

B. Patung Zonde

Patung Zonde adalah jenis patung yang cara pembuatannya dibentuk secara utuh dan peletakkannya memiliki posisi yang beragam seperti duduk, jongkok, tidur, backflip dan lain- lain.

Patung Zonde merupakan salah satu seni patung yang menampakan hampir dari seluruh bagian tubuh, nah perbedaannya dengan patung Free Standing ialah dimana jenis patung Zonde ini tidak dalam posisi berdiri, namun biasanya seperti duduk, tiarap, dan lain sebagainya. Baca juga artikel lain pada : Pelajaran Dibalik Hujan Turun)

Contoh Patung Zonde

  • Patung Buddha Tidur (Mojokerto)
  • Patung Garuda Wisnu Kencana (Bali)
  • Patung Solidaritas

C. Patung Torso

Patung Tarso adalah jenis patung yang cara pembuatannya hanya bagian-bagian tertentu atau sebagian tubuhnya saja dari objek pembuatan patung seperti tangan saja, kaki, atau pinggul saja.

Patung Torso merupakan salah satu seni patung yang biasanya hanya menampilkan setengah dari bagian tubuhnya atau secara umumnya dari bagian dada, lalu pinggang, hingga bagain pinggul, maka jenis patung paying Torso ini tidak mengtamakan bagian kepala.

Contoh Patung Torso

  • Torso lambung sebagai alat peraga IPA
  • Patung rangka manusia
  • Patung badan manusia tanpa kepala, tanpa tangan dan tanpa kaki

D. Patung Boss / Sedada

Patung Boss adalah jenis patung yang bentuknya hanya setengah badan.

Patung Boss merupakan jeniis patung yang hanya menampakan setengah dari badan saja, seperti misalnya dari bagian kepala sampai dengan bagian dada saja. Baca juga artikel lain pada : Rain Greet Universe)

Contoh Patung Boss

  • Patung Ki Hajar Dewantara di depan sekolah
  • Patung Setengah badan Patih Gajah Mada
  • Patung Buddha di Candi Borobudur

E. Patung Kepala

Patung Kepala merupakan jeniis patung yang pada umumnya hanya menampakan bagian kepala sampai leher saja.

Itulah postingan kami tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Posisinya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya diatas dapat menambah wawasan kita, khususnya tentang Seni Patung. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS PAI Kelas 11 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *