"> Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya - Berbagi itu Indah

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

 Sebelum kita membahas tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya, marilah kita ingat kembali apa itu seni patung. Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan terdahulu bahwa Seni patung adalah cabang karya seni rupa tiga dimensi, diciptakan dengan metode subtraktif (metode mengurangi bahan seperti memotong, memahat, menatah dan sejenisnya) atau metode adiktif (metode yang membentuk model terlebih dahulu dengan mengecor atau mencetak). (Baca juga artikel lain pada : Prinsip Desain dalam Membuat Karya Seni Patung)

Dalam bahasa Indonesia, patung merupakan kata benda yang memiliki arti tiruan bentuk orang, hewan, atau tumbuhan yang sengaja dibuat dari batu, kayu, tanah liat, resin dan sebagainya. Patung bersifat tiga dimensi atau benda yang bervolume. Artinya, patung bisa dilihat dari berbagai arah. Seni patung telah melekat dalam kebudayaan berbagai bangsa sejak jaman kuno, tak terkecuali di Indonesia.

Sedangkan Seni patung yang dalam bahasa Inggris disebut “sculpture” berasal dari bahasa Latin “sculptura” yang berarti memotong, memahat atau membelah.

Berdasarkan fungsinya, jenis-jenis patung secara umum dibedakan menjadi enam, antara lain:

Patung Religi

Patung religi selain dari nilai estetika, tujuan pembuatan patung ini adalah untuk sarana beribadah dan bermakna religius bagi sebagian umat beragama.

Patung-patung pada zaman dahulu seringkali di buat untuk kepentingan keagamaan. Misalnya, pada era kejayaan Hindu dan Budha, patung di buat untuk menghormati dewa atau untuk mengenang orang-orang yang yang diagungkan. Misalnya raja atau pimpinan keagamaan atau komunitas mereka. (Baca juga artikel lain pada : Pantun Teka Teki Lucu)

Patung Arsitektur

Patung arsitektur adalah patung yang memiliki nilai estetika, dan berfungsi untuk menopang suatu konstruksi bangunan. Patung arsitektur mengutamakan kekokohan dan detil-detil keindahan guna memanjakan mata bagi yang memandangnya.

Patung Dekorasi

Patung dekorasi biasanya berfungsi untuk menghias suatu bangunan atau suatu tempat. Patung dekorasi juga bisa Anda temukan terletak di sebuah taman baik taman pribadi maupun taman umum. Tujuannya untuk mempercantik atau memperindah pemandangan di sekitarnya.

Patung Monumen

Patung monumen biasa dibuat sebagai peringatan terhadap sebuah peristiwa atau kejadian yang bersejarah. Patung monumen juga dibuat untuk mengenang jasa seorang pahlawan besar dalam sebuah bangsa atau kelompok kenegaraan. (Baca juga artikel lain pada : Kesedihan Pasti Berlalu Berganti Kebahagiaan)

Patung Kerajinan

Patung kerajinan adalah jenis patung yang murni diproduksi untuk tujuan konsumerisme. Artinya, patung kerajinan adalah patung yang diperjual-belikan secara bebas, dengan berbagai tujuan. Baik untuk hiasan rumah, taman dan lain sebagainya.

Patung Seni

Patung seni dibuat dengan tujuan murni untuk estetika. Artinya, fungsi patung seni murni untuk dinikmati keindahannya dari segi bentuk dan makna bagi yang memahaminya. Patung seni bisa Anda temukan dalam pameran-pameran kesenian, di museum, atau di sebuah gedung dan tempat penting.

Itulah postingan kami tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Jenis – Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya diatas dapat menambah wawasan kita, khususnya tentang Jenis – Jenis Patung. (Baca juga artikel lain pada : Latihan USBN Seni Budaya SMA Bagian 3)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *