Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari

Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari

Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari

      Olah raga lari Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik yang banyak dilomakan dan disukai, terutama oleh kalangan pelajar. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi materi mata pelajaran Olah raga dan kesehatan yaitu tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari. Adapun jenisnya adalah lari jarak pendek,lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari estafet dan lari haling rintang. (Baca juga : Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin)

Inilah penjelasan tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari :

  1. Lari Jarak Pendek

      Lari jarak pendek (yang disebut juga Sprint) adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan halus lancer dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.

  1. Lari Jarak Menengah

      Dikatakan lari jarak menengah apabila lari tersebut menempuh jarak 800 sampai 150 meter. Setiap kali ada perlombaan lari, di garis start peserta bersiap. Disanalah peserta akan menempelkan telapak tangannya ke tanah. mata memandang ke depan. mengayunkan lengan seperlunya. menyondongkan badan ke depan secara vertikal.

  1. Lari Jarak Jauh

      Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m, ke atas, 5000m, 10.000m, sedangkan marathon dan juga cross-country, harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis, secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakukan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.

  1. Lari Estafet.

      Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara begantian. Satu regu pelari sambung terdiri dari 4 orang pelari. Dalam pelombaan lari sambung pelari berlari dengan kecepatan penuh dengan memindahkan tongkat ke pelari berikutnya. Perpindahan tongkat harus berada di dalam daerah yang disebut zona panjang 20 m. perpindahan tongkat diluar zona tersebut regu dinyatakan gagal atau diskualifikasi. (Baca juga artikel lain pada : Hilang Karena Doa)

  1. Lari Halang Rintang

      Lomba lari halang rintang ini memang tidak begitu banyak diketahui orang umum. Jarak tempuh lari 3000 meter. Saat berlari. peserta mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Rintangan ini dibedakan menjadi rintangan gawang dan rintangan water jump. Jika dilihat.

      Atlet pelari satu ini memang harus memiliki kecepatan lari yang super cepat. tetapi mampu bertahan berlari cepat sepanjang 5000 meter ditambah kemampuan untuk melawan rintangan yang telah disiapkan oleh panitia lomba.

      Itulah postingan mata pelajaran Olah raga dan kesehatan tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari diatas dapat menambah wawasan kita tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari. (Baca juga artikel lain dalam versi Bahasa Inggris pada : Effort Never Abuse Result)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *