Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru

Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru

Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru

      Setelah pada postingan yang lalu kita bahas tentang pengertian dan unsur-unsur puisi, kini marilah kita bahas materi puisi yang mana pada edisi kali ini akan kita bahas tentang Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru, yang masing-masing ada jenisnya sendiri. (Pelajari juga : Pengertian Unsur dan Contoh Puisi)

Inilah penjelasan tentang Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru:

Pada awalnya Puisi dibedakan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Puisi Lama dan Puisi Baru. Pembedaan dua jenis ini terjadi karena adanya peralihan jaman dan juga untuk membedakan gaya penulisan , makna yang terkandung, dan juga penulisnya.

 Puisi Lama dan Puisi Baru

A. Puisi Lama

Pengertian puisi lama adalah puisi yang masih terikat oleh kaidah dan aturan-aturan penulisan yang berlaku, yaitu sebagai berikut..

  • Jumlah kata yang terdapat dalam satu baris
  • Jumlah baris yang terdapat dalam satu bait
  • Perajakan
  • Banyak suku kata di tiap baris
  • Penggunaan Irama
Ciri-Ciri Puisi Lama
  • Tidak diketahui nama pengarangnya.
  • Penyampaian dari mulut ke mulut, sehingga merupakan sastra lisan.
  • Sangat terikat akan kaidah dan aturan-aturan yang masih berlaku seperti gaya bahasa, diksi, rima, intonasi dan sebagainya.
Jenis Jenis Puisi Lama

Setelah mengetahui  aturan-aturan dan ciri-ciri puisi lama, maka jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

Mantra

Mantra adalah ucapan yang dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib, umumnya antra digunakan dalam upacara tertentu seperti mantra yang digunakan untuk menolak datangnya hujan dan sebaliknya.. 

Pantun

Pantun adalah puisi yang memiliki sajak a-a-a-a atau a-b-a-b yang setiap baitnya terdiri dari empat atau delapan baris, dan di tiap baris terdiri dari 8 – 12  suku kata, dua baris awal sebagai sampiran, sedangkan untuk dua baris berikutnya sebagai isi. Pantun dapat bedakan berdasarkan temanya, misalnya: pantun jenaka, Pantun anak, Pantun kehidupan dan sebagainya.

Talibun

Talibun adalah pantun yang memiliki jumlah baris yang selalu genap dalam setiap baitnya. biasanya terdiri dari enam, delapan, sepuluh baris maupun kelipatan dua lainnya.

Syair

Syair adalah puisi atau karya sastra dari arab yang memiliki sajak a-a-a-a. Biasanya syair menceritakan sebuah kisah dan didalamnya akan terkadung amanat atau nasehat.

Karmina

Karmina adalah pantun yang sangat pendek atau biasa disebut dengan pantun kilat.

Gurindam

Gurindam adalah puisi yang hanya terdapat dua baris kalimat saja dalam setiap baitnya, memiliki sajak a-a-a-a dan memiliki nasehat atau amanat.

B. Puisi Baru

      Pengertian Puisi Baru adalah puisi yang bentunya lebih bebas dan tidak terikat sama sekali seperti aturan-aturan yang ada pada puisi lama. Biasanya ini disebut dengan puisi modern. Puisi ini mulai terlihat dengan adanya pujangga pujangga baru. Dan mulai terkenal pada tahun 1945 yang dipelopori  oleh Chairil Anwar.

Ciri-Ciri Puisi Baru
  • Memiliki bentuk yang rapi, simetris
  • Persajakan akhir yang teratur
  • Menggunakan pola sajak pantun dan syair walaupun dengan pola yang lain
  • Umumnya puisi empat seuntai
  • Di setiap baris atasnya sebuah gatra (kesatuan sintaksis)
  • Di tiap gatranya terdiri dari dua kata (pada umumnya) : 4-5 suku kata
Jenis Jenis Puisi Baru 

Puisi baru dikatogerikan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut..

Jenis Jenis Puisi Baru Berdasarkan Isinya 

Balada

Balada adalah puisi yang berisi kisah atau cerita. Puisi jenis ini terdiri atas tiga (3) bait, yang setiap delapan (8) larik dengan skema rima a-b-a-b-b-c-c-b. Lalu skema berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai refren pada bait-bait berikutnya. Contohnya pada puisi karya Sapardi Damono berjudul “Balada Matinya Seorang Pemberontak”.

Himne

Himne adalah puisi pujaan kepada Tuhan, tanah air, atau pahlawan. Ciri-ciri himne adalah lagu pujian yang menghormati seorang dewa, tuhan, pahlawan, tanah air, almamater (pemandu di Dunia Sastra). Semakin berkembangnya zaman, arti himne berubah yang mana pengertian himne sekarang adalah sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap yang dihormati seperti guru, pahlawan, dewa, tuhan yang bernapaskan ketuhanan.

Romansa

Romansa adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih. Arti romansa berarti keindahan perasaan; persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra (perancis “Romantique).

Ode

Ode adalah puisi yang berisi sanjungan untuk orang yang telah berjasa. Nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.

Epigram

Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan atau ajaran hidup. Epigram berarti unsur pengajaran; didaktik; nasihat membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman, ikhtibar; ada teladan.

Elegi

Elegi adalah puisi yang berisi rata tangis atau kesedihan yang berisi sajak atau lagu dengan mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu, terutama karena kematian/kepergian seseorang.

Satire

Satire adalah puisi yang berisi sindira/kritik. Istilah berisi bahasa latin Sature yang berarti sindiran; kejaman tajam terhadap sesuatu fenomena; tidak puasa hati satu golongan (ke atas pemimpin yang pura-pura, rasuah, zalim, dsb).

Jenis-Jenis Puisi Baru Berdasarkan Bentuknya 

Distikon

Distikon adalah puisi yang yang tiap bait dari puisi ini terdiri atas dua baris. (puisi dua seuntai).

Terzina

Terzina adalah puisi yang terdiri atas tiga baris pada setiap baitnya. (puisi tiga seuntai).

Kuatrain

Kuatrain adalah puisi yang di tiap baitnya terdiri dari empat baris (puisi empat seuntai). 

Kuint

Kuint adalah puisi yang di tiap baitnya terdiri dari lima baris (puisi lima seuntai).

Sektet

Sektet adalah puisi yang di tiap baitnya terdiri dari enam baris (puisi enam seuntai).

Septime

Septime adalah puisi yang di tiap baitnya terdiri dari tujuh baris (tujuh seuntai).

Oktaf

Oktaf adalah puisi yang di tiap baitnya terdiri dari delapan baris (double kutrain atau puisi delapan seuntai).

Soneta

Soneta adalah puisi yang terdiri dari empat belas baris yang terbagi dalam dua, dimana dua bait pertama masing-masing empat baris dan pada dua bait kedua masing-masing tiga baris.

      Itulah postingan tentang Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga postingan tentang Jenis Jenis Puisi Lama dan Baru diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang puisi. (Pelajari juga : Pengertian Ciri dan Contoh Peribahasa)

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *