Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B

       Kalau pada postingan terdahulu kita telah membahas tentang vitamin A yang memang sangat berperan dalam kesehatan tubuh kita, kini kami akan melanjutkan pembahasan materi vitamin yang lain, dalam hal ini adalah vitamin B, yang mana Vitamin B juga memegang peranan penting bagi tubuh. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Mengingat manfaat vitamin B bagi tubuh, maka kita harus selalu menyertakan zat ini dalam pola makan harian kita. (Baca juga : Manfaat dan Sumber Makanan Mengandung Vitamin A)

       Namun tahukah anda bahwa ternyata vitamin B tidak hanya satu jenis saja, melainkan setidaknya ada beberapa jenis? Jenis-jenis vitamin B tersebut antara lain:

1 B1 (tiamin)

Tiamin membantu mengubah glukosa menjadi energi dan memiliki peran dalam fungsi saraf. Tiamin bisa ditemukan pada ham, sayuran berdaun hijau gelap, sereal gandum utuh dan makanan yang dipanggang, kacang hijau, lentil serta kacang seperti almon dan pecan.

  1. B2 (riboflavin)

Riboflavin terlibat dalam produksi energi dan membantu penglihatan, serta kesehatan kulit. Anda bisa mendapatkan riboflavin dari susu dan produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, asparagus, bayam, ayam, ikan, serta telur.

  1. B3 (niacin)

Niacin dapat mengubah makanan menjadi energi dan membantu proses pencernaan. Selain itu, juga bisa mendorong nafsu makan yang sehat. Niacin juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. (Baca juga artikel lain pada : Terlena Pada Ujian Kenikmatan)

Makanan mengandung niacin antara lain ayam, kalkun, salmon, tuna kaleng, sereal, kacang polong, kacang tanah, pasta, dan gandum utuh.

  1. B5 (asam pantotenat)

Asam pantotenat diperlukan untuk metabolisme karbohidrat, protein, lemak dan alkohol, serta menghasilkan sel darah merah dan hormon steroid.

Ikan, kerang, ayam, kuning telur, susu, yoghurt, kacang-kacangan, jamur, avokad, brokoli, dan ubi jalar adalah sumber asam pantotenat yang baik.

  1. B6 (piridoksin)

Piridoksin dibutuhkan untuk metabolisme protein dan karbohidrat, pembentukan sel darah merah dan bahan kimia otak tertentu. Vitamin ini dapat memengaruhi proses dan perkembangan otak, fungsi kekebalan tubuh dan aktivitas hormon steroid.

Anda bisa mendapatkan manfaat piridoksin dari unggas, makanan laut, pisang, sayuran hijau, kentang, dan sereal.

  1. B7 (biotin)

Biotin diperlukan untuk metabolisme energi, sintesis lemak, metabolisme asam amino dan sintesis glikogen. Asupan biotin yang tinggi dapat berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol darah.

Makanan kaya biotin antara lain kuning telur, almon, kembang kol, keju, jamur, ubi, dan bayam. (Baca juga artikel lain pada : Confide in Broken Home Child)

  1. B9 (asam folat)

Asam folat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir ketika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Makanan kaya asam folat antara lain sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, roti, pasta, dan beras.

  1. B12 (cobalamin)

Cobalamin membantu memproduksi dan memelihara sel-sel saraf, pembentukan sel darah merah, dan penguraian beberapa asam lemak dan asam amino untuk menghasilkan energi.

Makanan hewani adalah satu-satunya sumber alami vitamin B12, tetapi bisa juga ditemukan pada produk kedelai dan daging sapi.

       Pada dasarnya, sumber vitamin B cukup mudah ditemukan, seperti dalam daging, ikan, buah, dan sayur.

       Itulah postingan kami tentang Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga materi tentang Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat menambah wawasan bagi kita tentang vitamin B. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Lempar Lembing)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]