Jenis-Jenis dan Manfaat Kabut

Jenis-Jenis dan Manfaat Kabut

Jenis-Jenis dan Manfaat Kabut

Jenis-Jenis dan Manfaat Kabut

       Setelah pada postingan terdahulu kita telah membahas tentang pengertian dan proese terbentuk atay terjadinya kabut maka pada kesempatan kali ini akan kita lanjutkan pembahasan kita berkaitan dengan kabut yaitu tentang Jenis-Jenis Kabut beserta manfaatnya. (Baca juga : Keberadaan Pelangi Menurut Ilmuwan)

Jenis-Jenis Kabut

Ada beberapa jenis kabut yang dapat kita bahas yaitu:

  1. Kabut Adveksi (Advection Fog)

       Kabut advection ialah kabut yang terbentuk dari aliran udara yang melalui suatu permukaan yang memiliki suhu yang berbeda. Salah satu contoh kabut jenis ini ialah kabut laut yang terjadi ketika udara yang basah dan hangat mengalir diatas suatu permukaan yang dingin, kabut laut sering muncul sepanjang pesisir pantai dan tepi-tepi danau.

       Salah satu jenis yang lain dari kabut ini disebut dengan kabut uap. Kabut ini terbentuk dari aliran udara dingin yang melalui air hangat. Uap air dari hasil penguapan permukaan air secara terus menerus bertemu dengan udara dingin. Ketika udara mencapai titik jenuh, maka kelebihan uap air secara cepat mengembun menjadi kabut yang berasal dari penguapan permukaan air, kabut upa ini sering muncul pada saat udara dingin bertiup diatas danau yang luas dan bertiup diatas danau yang hangat. (Baca juga artikel lain pada : Brave King and Spider)

  1. Kabut Frontal

        Kabut frontal adalah kabut yang terbentuk dari pertemuan antara dua massa udara yang berbeda suhunya. Kabut ini terbentuk saat hujan turun dari massa udara yang hangat ke massa udara yang dingin dimana uap air menguap. Hal tersebut menyebabkan uap air oleh udara dingin melewati titik jenuh.

  1. Kabut Radiasi

       Kabut radiasi adalah kabut yang terbentuk saat malam tenang dan bersih, saat tanah memancarkan kembali panas ke udara. Satu lapis kabut terbentuk di seluruh permukaan tanah dan secara berkala bertambah tebal. Kabut radiasi biasa muncul di lembah-lembah yang dalam.

  1. Kabut Gunung

       Kabut gunung adalah kabut yang terbentuk saat uap air bergerak ke atas melewati lereng gunung. Udara dingin bergerak ke atas lereng sehingga tidak mampu menahan uap air. Titik-titik kabut tersebut kemudian terbentuk di sepanjang lereng gunung.

  1. Kabut Sawah

       Kabut sawah adalah kabut yang terjadi pada malam ataupun pada pagi hari ketika cuaca sedang terang dan udara dingin melalui sungai, selokan atau sawah. Oleh karena air yang bersuhu lebih panas akan terjadi penguapan saat suhu udara akan naik dan memuat air bertambah banyak sehingga terjadi penguapan. Akan tetapi,setelah sampai daratan agak tinggi,udara tersebut mendingin dan mengalami kondensasi membentuk kabut. (Baca juga artikel lain pada : Someone Who Keep Silence)

Manfaat Kabut

Ada sejumlah manfaat kabut, diantaranya sebagai berikut:

  • Melembabkan kulit
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman
  • Menjaga kelembaban udara
  • Menyejukkan udara

       Namun dari beberapa manfaat kabut seperti yang kita baca diatas, ternyata kabut juga sangat berbahaya bagi pengguna alat transportasi. Meskipun sudah dilengkapi berbagai alat navigasi, namun masih banyak terjadi kecelakaan yang sangat merugikan, seperti pembatalan penerbangan di bandara, pendaratan yang memerlukan waktu berjam-jam, kapal tenggelam menabrak batu karang ataupun kapal lainnya begitu juga di darat.

       Itulah postingan kami tentang Jenis-Jenis dan Manfaat Kabut yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami diatas dapat menambah wawasan kita tentang kabut. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Matematika Kelas 12 IPA Semester 1)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]