Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband

Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband

Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband

      Ketika kita mendengar kata Drumband maka dalam fikiran kita adalah permainan musik yang dilakukan oleh banyak orang dengan menggunakan berbagai jenis alat yang dimainkan dengan penuh semangat menimbulkan suara yang hingar bingar. (baca juga : Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut)

      Namun apakah para pembaca tahu nama – nama alat musik yang digunakan dalam drumband? Jika para pembaca belum tahu maka dibawah ini akan kami bagikan Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband sebagai pengetahuan bagi para pembaca tercinta.

Inilah Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband:

1. Tenore

Tenore merupakan bagian dari alat musik drumband yang dimainkan dengan cara dipukul dengan stik (tongkat kecil) yang memiliki pentolan busa diujungnya. Tenore memiliki ciri khas suara bulat namun lebih halus dibanding Alat Musik Bas. Tenore Drum dimainkan paling sedikit 15 orang dalam satu grup drumband. Tenore Drum juga memiliki macam-macam ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan.

2. Snare Drum

     Snare Drum berfungsi sebagai penentu dalam menentukan ketukan dalam bentuk ritmis. Senare (snare) Drum biasanya dimainkan oleh kaum perempuan. Senare drum memiliki suara yang unik yakni lebih lantang atau keras. Yang membedakan Tenore dan Senare Drum adalah jaring-jaring yang terdapat pada senare drum memberikan suara yang berbeda dari tenore. Senare Drum juga memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan usia.

3. Bass Drum

      Bass Drum berfungsi seperti senar yaitu sebagai penentu ketukan tetapi hanya mengambil irama sebagian besarnya saja. Alat Musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul. Bass Drum memiliki suara yang lebih tebal dibanding senare dan tenore, juga ukuran diameter pada bass drumb yang jauh lebih besar. Bas Drum biasanya dimainkan oleh tiga sampai enam orang dalam satu grup. Bas Drum juga memiliki ukuran yang bermacam-macam tergantung kebutuhan.

4. Marching Bell

      Marching Bell adalah Alat Musik Drum yang terdiri dari bilah-bilah persegi yang terbuat dari logam dimana masing-masing bilah dapat mengahasilkan suara yang berbeda yakni tersusun seperti tangga nada. Alat Musik ini biasanya dimainkan lebih dari 7 orang untuk menghasilkan suara yang dominan.

5. Cymbal

      Cymbal (symbal) berfungsi sebagai variasi dalam permainan marching band yang menimbulkan suara desis. PCS Cymbal adalah alat musik sepasang yang biasanya dimainkan oleh satu orang denga cara di adu sehingga menghasilkan suara unik dalam selah intro  musik. Alat MUsik ini dimainkan setidaknya dua orang.

6. Quartom

      Quartom berfungsi memberikan irama dan nada ritmis dalam permainan drumband dan dalam permainannya biasanya quartom selalu mngisi celah kosong atau nada-nada yang kosong agar dalam permainan drumband tidak terasa ada yang kosong,dan biasanya selalu mendahului atau membuka permainan drumband dengan irama ketukannya. Alat Musik Quartom ada beberapa jenis yakni Trio Tom, Quartom, dan Quintom.

7. Tongkat Mayoret

      Tongkat mayoret dipegang oleh ketua Regu Drumband untuk memimpin dan mengarahkan permainan atau memimpin pertunjukan drumband. Pemain Tongkat Drumband Haruslah ahli karena hari dimainkan dengan beberapa atraksi yang menegangkan. Tanpa adanya mayoret permainan drumband akan rumit bahkan tidak akan bisa berlangsung.

      Itulah postingan kami tentang Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Jenis dan Fungsi Alat Musik Drumband diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan kita tentang permainan drumband. (Kunjungi web lain kami : Suara Laksana Piring Pecah)

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *