Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut

Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut

Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut

      Kita semua yang tinggal di Indonesia hamper dapat dipastikan mengenal jenis music dangdut. Lalu apakah kita juga mengenal Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut? Jika belum, maka dibawah ini akan kami uraikan beberapa nama Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut. (Pelajari juga : Jenis Aliran Musik)

Inilah nama-nama Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut:

Ketipung

      Ketipung merupakan alat musik yang biasa, bahkan selalu dipakai untuk mengiringi musik-musik dangdut. Ketipung atau mirip dengan Gendang kecil (Bedanya adalah kalua Gendang memiliki dua sisi tabuh) ini menjadi salah satu ciri khas alat musik Dangdut.

      Ketipung memiliki satu sisi tabuh ini memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat memanjang dengan bagian tengahnya yang sering berukuran lebih besar. Alat musik yang biasanya juga digunakan untuk mengiringi musik-musik bernuansa Timur Tengah ini terkadang dihiasi berbagai motif etnik khas Indonesia.

      Cara memainkan Instrument ini adalah dibunyikan dengan cara dipukul dengan tangan, tanpa alat bantu. Ketipung merupakan Jenis kendang yang kecil.

Seruling

       Seruling ataupun flut ialah sebuah alat musik dari famili alat tiup kayu atau woodwind. Berlainan dengan alat rid, seruling ialah sebuah alat aerofon atau alat tiup tanpa rid yang mengeluarkan bunyi daripada aliran udara yang merentasi lubang.

      Seruling dibuat daripada batang bambu kecil ketika dahulu. Namun kini seruling moden ada yang dibuat daripada logam aluminium dan plastik. Cara memainkannya adalah dengan meniup. Akan tetapi cara meniup seruling hendaklah betul jika ingin mengeluarkan bunyi yang baik.

Gitar

      Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Bass Gitar

      Dalam musik dangdut alat musik ini juga sangat menentukan enak atau enggaknya suatu grup, tidak boleh salah mainin chordnya karena akan sangat fals sekali irama dangdut tersebut kalua salah.

Gitar Rythem

      Dalam musik dangdut rythem sebagai penyeimbang, paling enak tukang mainin alat ini karena kalua ada salahnya gak ketahuan.

Gitar Melodi

Alat musik ini tidak begitu dominan tapi pemain melodi ini biasanya didaulat sebagai leader di grup, cara maininnya pun harus halus metik senarnya, kebanyakan lebih mengandalkan teknik bending dan hammer jadi gak asal petik aja.

Mandolin

      Semacam gitar tapi kecil mempunyai dawai 4 biasanya satu dawai mempunyai 2 senar. 

Organ

      Organ adalah alat musik yang mempunyai suara yang unik. Sekarang, organ diproduksi dengan cara elektronik. Namun, pada awalnya, suara organ didapat dari pipa.

      Suara yang dihasilkan organ sangat unik. Karena Suaranya berkelanjutan, tidak semakin kecil (selama tuts masih ditekan). Dalam kurva ADSR, organ biasanya mempunyai sustain yang tidak terbatas. Berbeda dengan piano, organ mempunyai karakteristik keterikatan tempo yang lemah, namun mempunyai lokalisasi frekuensi yang baik.

      Perubahan karakteristik suara (amplitudo) disebabkan oleh seberapa dalam tuts tersebut dipencet, tidak terpengaruh oleh tingkat kekerasan pencetat tuts (seperti piano)

Tamborin (jawa: kecer atau ecek-ecek)

      Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya.

Saxophone

      Saxophone adalah instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

      Itulah postingan kami tentang Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Mungkin masih ada nama lain dari alat pengiring lagu dangdut, namun hanya itu yang dapat kami bagikan. Semoga postingan tentang Jenis Alat Musik Pengiring Lagu Dangdut diatas dapat bermanfaat bagi kita. (Pelajari juga : Pengertian Setiap Aliran Seni Rupa)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *