"> Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet - Berbagi itu Indah

Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet

Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet

Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet

Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet

      Ketika kita berselancar dalam internet, maka kita banyak mendapatkan Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet. Bahkan apakah kita tahu tentang istilah internet itu sendiri? Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet agar kita mendapatkan pengetahuan tentang istilah – istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet. (Baca juga artikel lain pada: tips mengerjakan soal un berbasis komputer)

Inilah Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet:

Internet (kependekan dari INTERconnection-NETworking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.

Access adalah proses mendapatkan atau mengambil data.

Account adalah akses ke sebuah sistem komputer atau network, biasanya diperlukan username dan password.

Admin adalah sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut.

Attachment adalah fasilitas untuk melampirkan atau menyertakan file (sering digunakan di dalam e-mail).

AVI adalah jenis format file video yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.  (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Bola Basket)

Blog adalah halaman internet (situs) pribadi yang berasal dari singkatan Web Log.

Blogger adalah orang yang membuat, mengelola sebuah blog.

Blogging adalah istilah dan kegiatan atau aktivitas mengisi, mengatur, menata blog.

Bookmark adalah menyimpan halaman web yang di sukai.

Browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses menampilkan dan menjelajahi informasi di internet.

Browsing adalah kegiatan menjelajah atau melihat isi dan halaman situs-situs di internet.

Byte adalah sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

Cache adalah mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah diakses di suatu buffer, jika data yang sama akan di akses lagi prosesnya akan lebih cepat

Chat adalah sebuah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan berbentuk tulisan secara real time.

Chatting adalah istilah yang di gunakan saat melakukan interaksi dengan fasilitas chat.

Com adalah nama akhir sebuah domain, biasanya berfungsi sebagai petunjuk bidang usaha situs web tersebut.

Connect adalah menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Dial-Up adalah jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telephone.

Dial-Up Networking adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi microsoft.

Disconnect adalah memutuskan hubungan komputer dengan jaringan internet.

Download adalah sebuah proses transfer atau pengambilan data dari internet yang di simpan ke komputer. (Baca juga artikel lain pada : Kesan Indah Pandangan Pertama)

E-Banking adalah kegiatan transaksi keuangan atau perbankan yang dilakukan melalui Internet.

E-Commerce adalah istilah yang dipakai untuk perdagangan atau transaksi perbankan di internet.

E-Groverment adalah istilah mengenai kegiatan pemerintahan yang menggunakan media teknologi dan informasi.

E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas untuk mengirimkan atau menerima pesan dalam bentuk tulisan berbeda dengan chat e-mail tidak secara real time

E-Payment adalah pembayaran melalui media Internet.

FAQ (Frequently Asked Question) adalah bentuk informasi yang menyajikan pertanyaan dan jawaban untuk memberikan kemudahan bagi pemakai menguasai atau memecahkan permasalahan yang di hadapi.

Firewall adalah benteng keamanan dalam internet yang berfungsi melindungi sebuah jaringan kecil terhadap jaringan internet yang lebih luas.

Forward adalah kembali ke halaman web yang baru saja di akses.

GIF (Grafical Interchange Format) adalah suatu format file gambar. GIF mepunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak yang digunakan sebagai format gambar di internet.

GPRS (General Packet Radio Service) adalah koneksi Internet tanpa kabel / wireless (nirkabel), biasanya dipakai oleh handphone.

Guestbook adalah fasilitas interaktif dalam halaman web yang memungkinkan pengunjungnya menulis pesan, dan membaca pesan dari pengunjung lain.

Hacker adalah orang yang ahli di bidang komputer, internet pada khususnya, dengan keahliannya hacker dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

Hang adalah menggantung, macetnya computer atau koneksi internet.

Hoax adalah E-mail yang berasal dari sumber yang tidak jelas dan biasanya isinya tidak benar.

Homepage adalah halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet

Hotspot adalah tempat yang menawarkan akses internet melalui Wi-Fi.

Host adalah komputer yang menggunakan sistem operasi multi user yang berada didalam suatu jaringan dan pemakainya dapat berkomunikasi dengan host lain didalam jaringan tersebut.

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan dalam bahasa program

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program web browser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http.

Hyperlink adalah hubungan yang memungkinkan satu file dengan file, atau satu halaman dengan halaman yang lain di internet

Internet Explorer adalah program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

JPEG (Joint Photografic Experts Group) adalah merupakan file gambar yang banyak digunakan di internet, sedangkan JPG mempunyai ukuran file yang lebih kecil.

Link adalah sambungan secara fisik antara satu lokasi dan lokasi lain untuk transmisi data.

Log-In / Sign-In adalah otorisasi yang dilakukan oleh seorang user untuk masuk ke halaman pribadi dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet).

Log-Off / Sign-Out adalah keluar dari sebuah sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).

Mail Client adalah program untuk membaca, menerima, menulis, dan menerima e-mail seperti Microsoft Outlook.

Mailbox adalah area penyimpanan di disk yang dialokasikan untuk pengguna jaringan kerja guna menerima pesan lewat e-mail.

Modem (Modulation-Demodulation) adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Untuk mengkoneksikan dengan Internet, kamu harus memiliki modem terlebih dahulu.

Netter adalah seorang atau organisasi pengguna internet.

Network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

New Window adalah membuka jendela web browser baru.

Newsgroups adalah kelompok diskusi di Internet.

Offline adalah terputus atau tidak terhubung kedalam suatu jaringan.

Online adalah terhubung kedalam suatu jaringan.

Password adalah kata sandi / kode rahasia yang digunakan oleh pengguna untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat memasuki sebuah halaman pribadi di jaringan komputer (termasuk internet).

Plugin adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program web browser dimana dapat membantu web browser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

Reload adalah memanggil kembali halaman web.

Search Engine adalah sebuah fasilitas di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan pengguna.

SEO (Search Engine Optimization) adalah pengoptimalan suatu situs untuk meraih posisi yang bagus di mesin pencari.

SERP (Search Engine Result Page) adalah hasil halaman dari mesin pencari, misalnya halaman 1,2,3,4 dan seterusnya.

Server adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

Sign Up adalah registrasi atau pendaftaran pada sebuah layanan Internet dalam pembuatan e-mail atau ID tertentu.

Spam adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti email yang tidak penting berantai, iklan, dan sebagainya.

Update adalah memperbarui program, biasanya untuk program anti virus.

Upload adalah proses pengiriman atau transfer data dari komputer yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

Upstream adalah istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.

URL (Uniform Resource Locator) adalah serangkaian karakter dengan standar format tertentu yang digunakan sebagai alamat untuk menuju ke suatu halaman internet tertentu seperti website, blog atau gambar.

User adalah pemakai atau pengguna dalam komputer (termasuk internet).

Virus adalah program tersembunyi yang dapat menumpang pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada e-mail, yang sangat merugikan pengguna dimana program tersebut dapat merusak program lainnya di komputer ataupun website.

Visual Basic adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

Voice-Mail adalah aama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

Web Browser adalah program komputer yang digunakan sebagai media untuk berselancar di internet.

Web Hosting adalah perusahaan penyedia layanan dan penyimpanan web bagi perseorangan atau perusahaan.

Web Page adalah halaman yang dapat ditampilkan website di internet, yang dapat menampilkan berupa teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video dll.

Web Portal adalah website yang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya.

Webmail adalah fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.

Webmaster adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

Website adalah merupakan lapisan-lapisan dari halaman web yang saling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut sebagai situs, situs web, site, atau portal.

Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11, dan memanfaatkan seperangkat alat elektronik untuk melakukan pertukaran data secara nirkabel (tanpa kabel).

Wireless Adapter adalah pengendali periferal yang tepasang tanpa mengguanakan kabel.

WWW (World Wide Web) adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

      Itulah beberapa Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet Semoga Istilah yang Sering Ditemui Dalam Internet diatas dapat bermanfaat bagi kita. (Pelajari juga Mapel lain tentang : Cabang dalam Pelajaran Matematika)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *