Generic Structure dan Fungsi Spoof Text

Generic Structure dan Fungsi Spoof Text

Generic Structure dan Fungsi Spoof Text

      Pada edisi ini kami ingin barbagi salah satu jenis teks yaitu Spoof Text yang meliputi Generic Structure dan Fungsi Spoof Text juga termasuk pengertian, ciri kebahasaan dan contoh dari Spoof Text tersebut. Sehingga yang akan kita pelajari adalah meliputi pengertian, fungsi atau tujuan, generic structure, ciri kebahasaan dan contoh spoof text. (pelajari juga : Generic Structure dan Ciri Review Text)

Inilah materi tentang Generic Structure dan Fungsi Spoof Text:

A.  Pengertian (Definition/meaning) Spoof Text

Spoof text adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita yang terjadi pada masa lalu dengan akhir cerita yang lucu yang tidak dapat diprediksi atau diperkirakan. Jadi biasanya berisi anekdot, permainan kata yang lucu atau bisa jadi gabungan kedua-duanya. (baca juga edisi bahasa Inggrisnya pada : Generic Structure of Spoof Text)

B.  Fungsi atau Tujuan Spoof Text

Berdasarkan Pengertian atau definisi dari Spoof Text diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa tujuan komunikatif spoof text adalah untuk menceritakan sebuah cerita fiktif dengan gaya humor (lucu).

C.  Generic Structure (Susunan Kebahasaan) Spoof Text

Susunan umum pada Spoof text dengan ciri – ciri tersendiri adalah sebagai berikut:

1.  Orientation:

Sebuah Spoof Text adalah teks atau cerita yang diawali dengan pengenalan (Introduction) tokoh, latar, setting cerita dan lain-lain.

2.  Events:

Pada bagian ini penulis menceritakan peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam cerita. Tetapi kejadian tersebut masih bersifat yang wajar.

3.  Twist:

Ending cerita dalam cerita ini yang disebut Twist adalah bagian akhir (closing) teks yang mana menceritakan kebalikan dari kejadian – kejadian wajar di bagian Events diatas. Fase ketiga ini adalah unsur yang paling menetukan sebuah teks spoof. Twist merupakan bagian akhir dari Spoof Text yang menceritakan kejadian akhir lucu dan tidak disangka-sangka sebelumnya. (dan mungkin berupa plintiran atau plesetan)

D.  Ciri – ciri Kebahasaan (Language Features) Spoof Text

  • Biasanya menceritakan kejadian yang dialami seseorang: I, we, she, he, they etc.
  • Tenses yang digunakan adalah Past Tense.
  • Untuk menceritakan detail cerita, biasanya terdapat dialog sehingga pasti ada tanda: “…. (text dialog) .…”
  • Menggunakan action verb, misalnya: write, drink, go, dll.
  • Menggunakan adverb
  • berupa urutan kejadian (Chronologically arranged)

E.  Contoh Spoof Text beserta analisanya

Private Conversation

      Last week I went to the theater. I had a very good seat. The play was very interesting. However, I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking very loudly. I got very angry. I could not hear the actors. I turned around. I looked at the man and the young woman angrily. They did not pay any attention. In the end, I could not bear it. I turned around again. “I could not hear a word” I said angrily. “It’s none of your business” the young man said rudely. “This is a private conversation”

Analisis Cerita

Teks di atas tergolong Spoof karena dilihat dari sisi bahasa menggunakan past tense. Namun itu belum cukup disebut Spoof text

  • Orientation:

Penulis memperkenalkan tokoh dalam cerita, latar kejadian, setting dan lain-lain “I” pada Last week I went to the theatre….

  • Events:

Pada kejadian ini mulai terjadi konflik

I did not enjoy it. A young man and a young woman were sitting behind me. They were talking very loudly. I got very angry. ….

  • Twist    

Pada kejadian ini terjadi peristiwa yang tidak disangka karena pemuda tersebut salah pengertian dengan apa yang dimaksud oleh penulis 

(The young man misunderstood the writer’s word and said; “It’s none of your business. It’s a private conversation”.)

      Itulah penjelasan kami tentang Generic Structure dan Fungsi Spoof Text yang dapat kami jabarkan kali ini. Kami berharap semoga penjelasan tentang Generic Structure dan Fungsi Spoof Text  diatas dapat bermanfaat bagi kita. (Pelajari juga : Fungsi dan Generic Structure Discussion Text)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *