Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text

Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text

Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text

      Melihat dari judulnya yaitu Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text, maka dapat kita gambarkan bahwa materi jenis teks Bahasa Inggris yang akan kita bahas kali ini adala tentang susunan kebahasaan dan contoh teks Analytical Exposition. Namun ada hal lain yang akan kita bahas dalam hal ini yaitu tentang definisi atau pengertian, tujuan atau fungsi (purpose) dan juga ciri kebahasaan teks Analytical Exposition. (Pelajari juga : Generic Structure dan Fungsi Spoof Text)

Inilah materi tentang Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text:

1.  Pengertian (Definition) Analytical Exposition Text

Analytical exposition text adalah sebuah teks atau tulisan yang memaparkan pendapat penulis tentang fenomena yang sedang terjadi di sekitar kita.

2.  Tujuan (Function) Analytical Exposition Text

Menilik dari pengertian diatas maka tujuan komunikatif dari teks Analytical Exposition adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang disajikan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebut.

3.  Ciri-Ciri Kebahasaan (Language Features) Analytical Exposition Text

  • Menggunakan simple present tense.
  • Mengunakan relational process. Biasanya menggunakan kata sambung yang dapat menimbulkan hubungan sebab akibat. Seperti: because, if conditional sentence.
  • Menggunakan internal conjunction.
  • Menggunakan casual conjunction.
  • menggunakan action verbs

4.  Generic Structure Analytical Exposition Text

Generic Structure teks Analytical Exposition terdiri dari tiga bagian yaitu:

Thesis

Dalam bagian Thesis, penulis memperkenalkan tentang topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraf pertama dalam Analytical Exposition Text.

Argument

Dalam bagian ini penulis menghadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis, biasanya dalam sebuah Analytical Exposition Text terdapat lebih dari dua argumen. Semakin banyak argumen yang ditampilkan semakin percaya pembaca bahwa topik yang dibahas oleh penulis adalah topik yang sangat penting atau membutuhkan perhatian

Reiteration

Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah Analytical Exposition Text yang selalu terletak di akhir paragraf. Reiteration berisi penulisan kembali atau penempatan kembali ide pokok yang terdapat di paragraf pertama. Reiteration juga biasa disebut dengan conclusion atau kesimpulan  dan terkadang berisi rekomendasi.

5.  Contoh Analytical Exposition Text beserta analisa atau penjelasannya

Cars Should Be Banned in the City

      Cars should be banned in the city. As we all know, cars create pollution, and cause a lot of road deaths and other accidents.

      Firstly, cars, as we all know, contribute to most of the pollution in the world.Cars emit a deadly gas that causes illnesses such as bronchitis, lung cancer, and ‘triggers’ off asthma. Some of these illnesses are so bad that people can die from them.

      Secondly, the city is very busy. Pedestrians wander everywhere and cars commonly hit pedestrians in the city, which causes them to die. Cars today are our roads biggest killers.

      Thirdly, cars are very noisy. If you live in the city, you may find it hard to sleep at night, or concentrate on your homework, and especially talk to someone.

      In conclusion, cars should be banned from the city for the reasons listed.

Analisa (Penjelasan) dari teks diatas:
  1. Paraghraf Pertama adalah Thesis, dimana penulis memperkenalkan topik yang ingin dibahasnya, yaitu tentang mobil yang seharusnya dilarang beroperasi di kota.
  2. Pada paragraf kedua, ketiga dan keempat yaitu argument, dimana penulis mengemukakan beberapa alasan mengapa mobil seharusnya dilarang beroperasi di kota.
  3. Terakhir (paragraf kelima) adalah reiteration, yaitu penuangan kembali ide pokok pada paragraf pertama yaitu bahwa seharusnya mobil dilarang beroperasi di kota.

      Itulah materi tentang Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap semoga poetingan materi tentang Generic Structure dan Contoh Analytical Exposition Text diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk meningkatkan pemahaman kita dalam berbagai jenis teks dalam Bahasa Inggris. (untuk versi bahasa Inggris kunjungi web kami : Generic Structure of Analytical Exposition Text)

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *