"> Fungsi Seni Patung - Berbagi itu Indah

Fungsi Seni Patung

Fungsi Seni Patung

Fungsi Seni Patung

Fungsi Seni Patung

 Seni patung pada zaman dahulu di buat untuk kepentingan keagamaan, pada zaman Hindu dan Budha, patung di buat untuk menghormati dewa atau orang yang di jadikan teladan. Pada perkembangan selanjutnya patung dibuat untuk monumen atau peringatan suatu peristiwa besar pada suatu bangsa, kelompok atau perorangan. Pada jaman sekarang seni patung sering diciptakan untuk mengekspresikan diri penciptanya karena lebih bebas dan bervariasi. (Baca juga artikel lain pada : Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli)

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendukbud), bahwa seni patung merupakan karya seni rupa berbentuk tiga dimensi yang diciptakan dengan metode substraktif (mengurangi volume) dan metode adiktif (penambahan volume).

Di mana menggunakan bahan lunak (tanah liat, gymsum, dan lilin) atau bahan keras (kayu,batu, dab logam).

Patung berbentuk tiga dimensi adalah karya seni patung yang memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi atau memiliki volume yang dapat dilihat dari segala arah. (Baca juga artikel lain pada : Suami Menggugat Istri yang Keluyuran ke Diskotik)

Karya seni patung termasuk dalam karya seni rupa murni. Karena seni patung lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya.

Secara umum berdasarkan fungsinya, pembutanya seni patung ada 6 macam yaitu :

Patung Religi

Patung religi merupakab patung yang mempunyai unsur dan makna religus. Biasanya dipakai untuk sarana beribadah.

Patung Monumen

Patung monumen dibuat untuk memperingati peristiwa bersejarah. Tidak hanya itu tapi juga untuk mengenang jasa seseorang atau kelompok yang sudah berjasa.

Patung Arsitektur

Patung arsitektur dibuat untuk menunjang arsitektur atau kontruksi bangunan. Dengan adanya itu bisa bernilai tinggi karena punya estetika atau keindahan, apalagi sudah dirancang.

Patung Dekorasi

Patung dekorasi dibuat untuk menghias suatu bangunan atau memperindah lingkungan. (Baca juga artikel lain pada : Kumpulan Lagu Rindu Persembahan untuk Mama)

Patung Kerajinan

Patung kerajian dibuat sebagai hasil karya kerajinan. Selain untuk dinikmati keindahan, bahkan bisa dibeli dengan harga tinggi.

Patung Seni

Patung seni dibuat hanya untuk dinikmati keindahan saja atau buat koleksi.

Itulah postingan tentang beberapa Fungsi Seni Patung yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang beberapa Fungsi Seni Patung diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kita, terutama juga bagi adik – adik kita di SMP kelas 9 atau para pembaca lainnya. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Seni Budaya Kelas 10 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *