Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text

Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text

Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text

      Satu lagi jenis – jenis teks yang ingin kami bagikan pada anda para pembelajar Bahasa Inggis yaitu tentang Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text. Walaupun judulnya adalah Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text, namun yang akan kita bahas pada sesi ini adalah tentang berbagai hal yang berkenaan dengan teks advertisement (iklan), yaitu tentang definisi atau pengertian, fungsi atau tujuan susunan kalimat atau generic structure, ciri kebahsaan dan contoh teks iklan (advertisement. (Pelajari juga : Fungsi dan Generic Structure Report Text)

Untuk itulah mari kita ke materi Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text:

Definition atau Pengertian Advertisement (iklan)

      Advertisement text adalah teks yang berisi pembeitahuan kepada masyrakat yang umumnya dapat dijumpai pada iklan surat kabar, iklan televisi atau iklan internet. Iklan itu dapat berupa iklan produk, jasa atau lainnya yang dipromosikan.

Fungsi atau Tujuan Advertisement

Berdasarkan definisi atau tujuan iklan seperti yang dikemukakan diatas, maka ada beberapa fungsi dari iklan, antara lain:

  • Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
  • untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
  • Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
  • Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
  • Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
  • Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi.
  • Dan lain – lain

Susunan Kalimat atau Generic Structure Advertisement

Tujuan (Purpose)

Tujuan dari pembuat iklan dalam mempromosikan produk atau jasa itu untuk apa.

Nama Produk

Tentang nama produk, barang, jasa atau kegiatan yang dipromosikan (diiklankan.

Pengguna (User):

Orang sebagai pengguna produk, layanan atau jasa yang ingin disasar.

Jenis – jenis Advertisement (Iklan)

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:

Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya. Berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam dua bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom

Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

Iklan Display

Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

Iklan elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat. Iklan internet dapat kita jumpai misalnya pada website atau blog dan medsos.

Ciri – ciri Kebahasaan (Language Features) pada Iklan (Advertisement)

Ketika kita ingin membuat iklan, maka kita harus memperhatikan beberapa ciri kebahasaan, antara lain:

  • Menggunakan Pilihan kata yang menonjolakan informasi yang dipentingkan
  • Menggunakan Pilihan kata yang menunjukan sasaran
  • Menggunakan Pilihan kata yang menarik, tepat, logis, dan santun.
  • Menggunakan Pilihan kata yang memiliki sugesti bagi khalayak umum.

Contoh Iklan (Advertisement)

For some examples of advertisement, you can look at in this post from Google AdSense.

      Itulah postingan kami tentang Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text yang dapat kami bagikan kepada anda pecinta website ini. Kami berharap semoga postingan kami tentang Fungsi dan Ciri Kebahasaan Advertisement Text diatas dapat bermanfaat bagi kita yang ingin meningkatkan Bahasa Inggris. (Pelajari juga : Kumpulan Warna Lengkap Inggris Indonesia)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *