Fungsi Akuntansi Dalam Transaksi Keuangan

Fungsi Akuntansi Dalam Transaksi Keuangan

Fungsi Akuntansi Dalam Transaksi Keuangan

Fungsi Akuntansi Dalam Transaksi Keuangan

       Sebagaimana telah kami share pada edisi sebelumnya bahwa akuntansi adalah suatu proses aktivitas untuk mengenali, mencatat, mengkategorikan, dan menganalisa data transaksi keuangan untuk kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan agar segala bentuk informasi dalam transaksi keuangan tersebut mudah dipahami dan dipelajari, maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang fungsi Akuntansi, terutama dalam bidang bisnis yang berkaitan dengan transaksi keuangan. (Baca juga : Pengertian dan Fungsi Mata Uang Digital)

Adapun fungsinya antara lain sebagai berikut:

  1. Mendokumentasikan dan Mengklasifikasikan Data

Akuntansi dalam fungsi utamanya adalah untuk mendokumentasikan catatan transaksi keuangan secara kronologis dan sistematis. Dari seluruh catatan itu kemudian pada akhir dari catatan bisa diketahui jumlah laba atau kerugian yang dialami oleh perusahaan.

  1. Menganalisis dan Menafsirkan Data Keuangan

Dari catatan transaksi yang didojumentasikan melalui sistem akuntansi membuat analisa keuangan semakin mudah dilakukan.

Tujuannya bukan semata-mata untuk mengetahui untung dan rugi perusahaan, namun juga bisa dipergunakan sebagai strategi untuk menghindari transaksi atau aktivitas bisnis yang merugikan dan memungkinkan untuk menciptakan strategi mendapatkan laba yang lebih besar lagi. (Baca juga artikel lain pada : Yakinlah Allah Selalu Bersama Kita)

  1. Sebagai Laporan Keuangan Yang Efisien

Dengan sistem akutansi, laporan keuangan bisa disampaikan secara sistematis dan matematis karena angka tidaklah multi tafsir.

Dengan laporan semacam ini, penerima laporan cukup hanya membaca data dengan teliti tanpa harus mendengarkan penjelasan yang bertele-tele. Sistem ini sangat efisien untuk rapat keuangan agar tak banyak memakan waktu dan menguras tenaga.

Laporan keuangan semacam ini juga berguna untuk disajikan kepada rekan perusahaan lain untuk mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan yang bersangkutan.

Dengan demikian, gagasan bisnis untuk proses kerjasama perusahaan akan lebih mudah dibicarakan.

  1. Sebagai Dokumen Untuk Menghitung Pajak

Pajak merupakan suatu kewajiban perusahaan dan besarnya jumlah iuran pajak yang harus dibayarkan adalah sekian persen dari laba perusahaan.

Oleh karena itu, data keuangan yang baik dan akurat akan menghindari kesalahan dalam menentukan besarnya pajak yang harus dibayarkan kepada negara.

  1. Untuk Mengetahui Perkembangan Perusahaan

Sistem akuntansi juga berfungsi sebagai tolak ukur untuk menilai kondisi perusahaan, apakah perusahaan tersebut mengalami kemajuan, stagnan, atau justru semakin terpuruk dan diambang kehancuran. (Baca juga artikel lain pada : Singkatan Gaul Media Sosial WA Facebook)

Walaupun kemajuan dan perkembangan perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, namun salah satu faktor utama selalu berkaitan dengan keuangan karena hanya dengan uang (mula-mula) maka perusahaan bisa bertahan dan berkembang.

  1. Menarik Minat Investor

Investor tentu selalu ingin tahu kondisi keuangan dari perusahaan tersebut karena investor pada umumnya tak mau menginvestasikan uangnya kepada perusahaan yang buruk.

Perusahaan yang baik dan maju ditandai dengan baiknya sistem pencatatan keuangan perusahaan dan kondisi keuangan yang selalu bergerak maju.

Walaupun seandainya perusahaan sedang stagnan, tentu dari laporan keuangan tersebut bisa ditemukan solusi dan inilah yang kadang-kadang dibidik oleh para investor; menginvestasikan uangnya kepada perusahaan yang berpotensi untuk maju namun masih stagnan karena persoalan modal.

       Itulah postingan materi tentang Fungsi Akuntansi Dalam Transaksi Keuangan yang dapat kami bagikan pada kesempatan dengan harapan semoga postingan kami tentang Fungsi Akuntansi diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang akuntansi. (Baca juga artikel lain pada : Soal Materi Kolonialisme Barat di Indonesia)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *