Definisi dan Sejarah Akuntansi

Definisi dan Sejarah Akuntansi

Definisi dan Sejarah Akuntansi

Definisi dan Sejarah Akuntansi

       Kita pasti sering kali mendengar tentang istilah Akuntansi baik di sekolah atau kampus atau tempat lain, baik di Media Cetak ataupun Digital. Akan tetapi, tahukan Anda apa definisi akuntansi dan bagaimana sejarahnya? Untuk itu, dalam kesempatan kali ini mari kita pelajari Pengertian dan Sejarah Akuntansi bersama-sama. (Baca juga : Fungsi Asli Uang dan Turunan)

Definisi Akuntansi

       Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris yaitu to account, artinya memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan (dalam hal ini mempertanggungjawabkan dari pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk menjalankan kegiatan perusahaan)

        Secara umum, definisi akuntansi adalah suatu proses aktivitas untuk mengenali, mencatat, mengkategorikan, dan menganalisa data transaksi keuangan untuk kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan agar segala bentuk informasi dalam transaksi keuangan tersebut mudah dipahami dan dipelajari.

       Menurut Warren, at al (2004) akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi. Sistem informasi merupakan bagian dari sistem bisnis keseluruhan di era informasi.

       Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi merupakan proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. (Baca juga artikel lain pada : Teknologi Komunikasi Canggih)

       Sedangkan definisi yang dikemukakan oleh American Institue of Certified Public Accountans (AICPA), akuntansi berarti suatu seni pencatatan, pengelompokkan dan pengihtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang atau segala transaksi dankejadian yang sedikitnya bersifat keuangan dan kemudian menafsirkan hasilnya.

       Akuntansi sering disebut juga sebagai bahasa bisnis. Semakin baik memahami bahasa tersebut, maka akan semakin baik pula dalam mengelola aspek-aspek keuangan di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena banyaknya aspek sehari-hari yang didasarkan pada akuntansi, misalnya perencanaan keuangan pribadi, pinjaman, dan lain-lain.

Sejarah Akuntansi

       Menurut para ahli ekonomi, konon akuntansi atau kegiatan mencatat transaksi keuangan ini telah ada sejak ditemukannya uang sebagai alat tukar/pembayaran yang sah.

       Mula-mula bentuk pencatatan ini dilakukan di lempengan tanah liat, lantas berganti ke daun lontar dan akhirnya setelah ditemukan kertas segala bentuk aktivitas tulis menulis dilakukan di atas kertas, termasuk akuntansi.

       Naskah tertua terkait aktivitas akuntasi kuno di masa lampau yang bisa ditemukan berasal dari peradaban Babilonia pada tahun 3600 sebelum masehi. Tentunya aktivitas pencatatan transaksi keuangan tersebut terus berkembang hingga menuju bentuk akuntansi modern.

       Evolusi ini dimulai sejak diketemukannya sistem pembukuan ganda atau double entry, yakni pencatatan seluruh transaksi dalam dua aspek, debet dan kredit, dan keduanya harus selalu dalam keadaan seimbang atau angkanya sama. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN IPS SMP Bagian 1)

       Evolusi tersebut diprakarsai oleh pedagang-pedagang Venesia yang merupakan pedagang cerdas pada waktu itu.

       Temuan sistem pembukuan ganda tersebut kemudian dibahas dan dikupas tuntas oleh Luca Pacioli, seorang pastor dan ahli matematika dari perancis sekaligus juga merupakan guru Leonardo Da Vinci.

       Luca Pacioli dikemudian hari dikenal sebagai bapak Akuntansi karena ialah orang pertama yang menulis buku tentang sistem akuntansi yang ia teliti dari aktivitas pembukuan para pedagang Venesia di zaman Renaisance di Italia.

       Sejak saat itu, sistem akuntansi secara lebih mudah bisa dikenal dan dipelajari secara meluas di seluruh Eropa hingga ke berbagai penjuru dunia.

       Itulah postingan materi tentang Definisi dan Sejarah Akuntansi yang dapat kami bagikan pada kesempatan dengan harapan semoga postingan kami tentang Definisi dan Sejarah Akuntansi diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang akuntansi. (Baca juga artikel lain pada : Togetherness More than family)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *