Definisi dan Jenis Jenis Bilangan

Definisi dan Jenis Jenis Bilangan

Definisi dan Jenis Jenis Bilangan

      Dalam hidup kita ada 10 simbol angka yang punya pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Sepuluh simbol angka tersebut yaitu 0 s.d. 9. Dengan sepuluh simbol angka tersebut kita bisa melakukan banyak hal seperti berhitung, mengukur, menentukan harga, umur, berat, ukuran, alamat, nomor HP, PIN dan sebagainya.

      Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi ilmu tentang Definisi dan Jenis Jenis Bilangan agar kita lebih memahami tentang suatu hal berkaitan dengan bilangan.

Berikut ini adalah Definisi dan Jenis Jenis Bilangan:

A. Definisi Bilangan

      Bilangan adalah suatu konsep dalam matematika yang digunakan untuk menyatakan nilai suatu satuan. Untuk menyatakan nilai satuan tersebut, digunakanlah lambang bilangan berbentuk tulisan yang disebut angka (yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9). Angka-angka ini tidak memiliki nilai satuan apapun (berbeda dengan bilangan, yang telah memiliki nilai satuan).

      Sehingga dapat disimpulkan bahwa bilangan adalah sekumpulan angka-angka (satu atau lebih), yang telah memiliki nilai satuan tertentu.

B. Jenis Jenis Bilangan

Setelah membaca definisi bilangan diatas, maka Jenis Jenis Bilangan yang ada adalah:

1. Bilangan Asli

Bilangan Asli adalah bilangan bulat yang dimulai dari satu.

Nama lain dari bilangan ini adalah bilangan hitung atau bilangan yang bernilai positif (integer positif).

yang termasuk bilangan ini adalah : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, ….

2. Bilangan Negatif

(integer negatif) adalah bilangan yang lebih kecil/ kurang dari nol. Atau juga bisa dikatakan bilangan yang letaknya disebelah kiri nol pada garis bilangan.

Contoh :

{-1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9, …}

3. Bilangan Bulat

Bilangan Bulat adalah semua bilangan bukan pecahan. Bilangan bulat merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan asli, bilangan nol dan bilangan negatif.

Contoh :

{…., -5,-4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, ….}

4. Bilangan Cacah

Bilangan Cacah adalah bilangan bulat yang dimulai dari nol.

yang termasuk bilangan ini adalah : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ….

5. Bilangan Ganjil

Bilangan Ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi dua.

Contoh : Bilangan 1, 3, 5, 7, 11, 17, 21, 31,… dll.

6. Bilangan Genap

Bilangan Genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi dua.

Contoh : Bilangan 2, 4, 6, 8, 10, 14, 20,… dll.

7. Bilangan Prima

Bilangan Prima adalah bilangan bulat lebih dari satu yang hanya bisa terbagi habis oleh 1 dan bilangan itu sendiri.

Contoh : Bilangan 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17,… dll.

8. Bilangan Pecahan

Bilangan Pecahan adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk  a/b dengan “a” adalah bilangan pembilang dan “b” adalah bilangan penyebut. Dengan “b” tidak boleh sama dengan nol.

Contoh : Bilangan  1/2, 2/5, 2/3, 4/11. dll

9. Bilangan Real

Bilangan Real adalah bilangan yang dapat dituliskan dalam bentuk desimal. Bilangan real mencakup bilangan rasional dan irasional.

Contoh : 2,5   0,1759  

Dalam notasi penulisan bahasa Indonesia, bilangan desimal adalah bilangan yang memiliki angka di belakang koma “,” sedangkan menurut notasi ilmiah, bilangan desimal adalah bilangan yang memiliki angka di belakang tanda titik “.”.

Himpunan semua bilangan riil dalam matematika dilambangkan dengan R (berasal dari kata “real”).

10. Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner adalah bilangan yang mempunyai sifat i2 = −1. Bilangan ini merupakan bagian dari bilangan kompleks. Secara definisi, bilangan imajiner i ini diperoleh dari penyelesaian persamaan kuadratik :

   x2 + 1 = 0

atau secara ekuivalen

   x2 = -1

atau juga sering dituliskan sebagai    x = √-1

11. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah bilangan-bilangan yang merupakan rasio (pembagian) dari dua angka (integer) atau dapat dinyatakan dengan a/b, dimana a merupakan himpunan bilangan bulat dan b merupakan himpunan bilangan bulat tetapi tidak sama dengan nol. Bilangan  Rasional  diberi lambang Q (berasal dari bahasa Inggris “quotient”).

Contoh :

{½, ⅓, ⅔, ⅛, ⅜, ⅝, ⅞, …}

12. Bilangan Irasional

Bilangan irrasional merupakan bilangan real yang tidak bisa dibagi atau lebih tepatnya hasil baginya tidak pernah berhenti. Sehingga tidak bisa dinyatakan a/b.

Contoh :

π      =          3,141592653358……..

√2    =          1,4142135623……..

e      =          2,71828281284590…….

13. Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks adalah suatu bilangan yang merupakan penjumlahan antara bilangan real dan bilangan imajiner atau bilangan yang berbentuk a + bi. Dimana a dan b adalah bilangan real, dan i adalah bilangan imajiner tertentu.

Bilangan real a disebut juga bagian real dari bilangan kompleks, dan bilangan real b disebut bagian imajiner. Jika pada suatu bilangan kompleks, nilai b adalah 0, maka bilangan kompleks tersebut menjadi sama dengan bilangan real a.

Contoh : {3 + 2i}

14. Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah bilangan asli lebih besar dari 1 yang bukan merupakan bilangan prima.

Bilangan komposit dapat dinyatakan sebagai faktorisasi bilangan bulat, atau hasil perkalian dua bilangan prima atau lebih. Atau bisa juga disebut bilangan yang mempunyai faktor lebih dari dua.

Contoh:

{4, 6, 8, 9, 10, 12, 14, 15, 16, 18, …}

      Itulah postingan kami tentang Definisi dan Jenis Jenis Bilangan yang dapat kami bagikan untuk kesempatan kali ini dengan harapan agar postingan kami tentang Definisi dan Jenis Jenis Bilangan diatas dapat bermanfaat. (Pelajari juga : Cabang dalam Pelajaran Matematika)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *