"> Daya Tarik Taman Merlion Singapura - Berbagi itu Indah

Daya Tarik Taman Merlion Singapura

Daya Tarik Taman Merlion Singapura

Daya Tarik Taman Merlion Singapura

Daya Tarik Taman Merlion Singapura

       Merlion Park adalah salah satu tempat yang sangat terkenal dan populer di Singapura karena di tempat tersebut ada Patung Merlion (Merlion Statue).

       Patung Merlion atau yang biasa disebut patung kepala singa ini merupakan icon wisata Singapura bahkan ada yang bilang maskot negara Singapura. melion statue ini banyak ditemui di brosur pariwisata, magnet kulkas, gantungan kunci dan oleh-oleh singapore lainnya. (Baca juga : Sejarah Negara Brunei Darussalam)

       Disebut Patung Merlion (Mermaid and Lion) karena badannya berupa ikan, sedangkan kepalanya adalah singa. Perpaudan tersebut melambangkan sebagai berikut:

       Tubuhnya melambangkan awal Singapura yang sederhana sebagai sebuah desa nelayan yang disebut Temasek, yang berarti ‘kota laut’ dalam bahasa Jawa Kuno.

       Kepalanya mencerminkan nama asli negara ini, Singapura, atau ‘kota singa’ dalam bahasa Melayu.

       Dirancang sebagai lambang Singapore di tahun 1964. Patung Merlion berbentuk kepala singa dengan badan ikan di atas puncak ombak. Ikon Singapore yang terkenal di seantero dunia ini, dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, anggota panitia suvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium. Sedangkan pembuatannya yang dibuat dari campuran semen, dilakukan oleh Mr. Lim Nang Seng. (Baca juga artikel lain pada : Beautiful Nature of Indonesia)

       Setelah itu, patung ini diresmikan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada tanggal 15 September 1972 di muara Singapore River. Patung ini dirancang untuk menyambut para pengunjung yang datang ke Singapura.

       Patung Merlion yang merupakan ikon negara Singapura ini berada di marina bay atau tepatnya di jalan one fullerton. patung yang berada di pinggir singapore river ini berseberangan dengan esplanade atau gedung seni yang juga terkenal tsb. jika kita berada di esplanade dan cara pergi ke Merlion Park singapore dengan menyeberangi jembatan.

       Merlion statue mempunyai tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton ini merupakan ikon kebanggaan dan sangat terkenal di Singapura. bahkan banyak orang yang mengatakan jika belum foto di Merlion statue maka belum dianggap pergi ke singapore. maka orang akan percaya anda pernah pergi ke Singapura jika sudah upload foto bersama Merlion statue di facebook. tampak berlebihan mungkin tapi itulah yang terjadi. jika foto di Merlion Park jangan lupa pakai 2 background yaitu patung Merlion dan gedung kembar tiga marina bay sands.

       Sedangkan Dibelakang Merlion Park, ada anaknya Merlion yang unyu. Merlion cilik berukuran tinggi dua meter dan berbobot tiga ton, juga dibangun oleh Mr. Lim. badannya terbuat semen, kulitnya dari porselen dan matanya dari cangkir teh kecil. (Baca juga artikel lain pada : Brief History of Malaysia)

Cara ke Merlion Park dengan naik MRT

       Turun di Rafles Place Station (jalur merah / hijau) kemudian cari exit H (six battery road)

       Keluar lihat ke arah sungai. jalan ke sungai. setelah itu cari gedung Marina Bay, Jalanlah menyusuri sungai dengan patokan arah menuju gedung Marina Bay Sands. Patung Merlion tepat berada di seberang gedung Marina Bay Sands. dan bersebelahan dengan One Fullerton, sebuah taman seluas 2.500 meter persegi yang baru saja dibangun. Di One Fullerton, terdapat aneka restoran, lounge, dan klub dansa di tepi sungai.

Cara ke Merlion Park dengan Bis dari Bugis Street

       Naik bis umum, naiknya dari halte bus pas didepan Bugis Junction, naik no 130, turun di Singapore cricket club, kalau tidak tahu dimana turunnya bilang ke supir saja. terus kita berdiri jangan jauh-jauh dari supirnya. Nanti kalau sudah sampai waktunya, biasanya supirnya akan kasih info ke kita. Lama perjalanan Kurang lebih 15 menit, jaraknya sekitar 3 km saja.

       Itulah postingan tentang Daya Tarik Taman Merlion Singapura yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Daya Tarik Taman Merlion Singapura tersebut dapat membantu anda dalam menambah referensi tentang Singapura sebelum anda pergi kesana.  (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK PKn Kelas 8 Bagian 4)

Lihat juga artikel lain dalam video pada :

[metaslider id=2694]

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *