Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa

      Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa. Namun sebelum kita mengetahui Daerah daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa, alangkah lebih baiknya kita terlebih dulu mengetahui pengertian dari istilah “Garis Khatulistiwa”.

      Garis Khatulistiwa adalah garis imajinasi yang membelah bumi dan terbentang dari timur ke barat pada permukaan bumi dan persis ditengah tengah antara kutub selatan dan utara. Garis ini membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Horizon / khatulistiwa sangatlah penting bagi keperluan untuk navigasi dan penanda koordinat suatu tempat. (Baca juga : Daftar Nomor Kode Bank di Indonesia)

      Setelah mengetahui penegertian garis khatulistiwa, kini saatnya kita perlu mengetahui Daerah Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa.

Inilah Daerah Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa:

a. Kota Bonjol

      Kota Bonjol yang merupakan tempat kelahiran salah satu pahlawan nasional, Tuanku Imam Bonjol berada di provinsi Sumatra Barat. Tepatnya berada di kecamatan Bonjol, kabupaten Pasaman.

      Sebagai kota yang dilalui garis khatulistiwa, kota ini masih belum sepopuler Pontianak. Mungkin dikarenakan promosi daerah yang masih belum maksimal jika dibandingkan dengan Pontianak yang menjadikan garis khatulistiwa sebagai ikon pariwisata kota bahkan provinsi.

      Sama halnya di kota Pontianak, di Bonjol juga terdapat tugu yang menandakan perlintasan garis khatulistiwa. Tugu tersebut bernama tugu Equator dengan bangunan berbentuk bola dunia.

b. Lintas Riau – Sumbar

      Perlintasan garis khatulistiwa ini berada di di  Kabupaten 50 Kota,  tepi jalan lintas Riau – Sumbar. Di tandai dengan adanya Tugu Khatulistiwa Koto Alam. Tugu yang juga disebut dengan Sakido Mura atau Telur Gajah ini didirikan pada saat zaman penjajahan Jepang.

c. Riau

      Provinsi Riau juga merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa. ditandai dengan adanya 2 buah tugu khatulistiwa. Yang pertama terletak  di Dusun Tua, Kabupaten Pelalawan. Berada persis di jalan lintas Timur pulau Sumatra. Sedangkan yang kedua berada di  Lipat Kain, Kabupaten Kampar. Berada di  jalan lintas kota Pekanbaru – Kuansing. Pada puncak tugu ini juga terdapat bola dunia yang lengkap dengan gambar petanya, dan terdapat pagar besi yang mengelilingi tugu.

d. Kepulauan Lingga

      Garis khatulistiwa juga melintasi kepulauan Lingga. Gugusan Pulau ini berada di timur Pulau Sumatra dan selatan Kepualaun Riau. Sama halnya dengan kepulauan batu, kepulauan ini juga menawarkan keindahan pantai yang luar biasa, namun jejak perlintasan garis khatulistiwa tidak terlihat. Garis khatulistiwa melintasi pulau utama di kepulauan yang mayoritas dihuni oleh suku melayu, bugis, dan tionghoa ini, yaitu di sebelah utara pulau Lingga.

e. Kota Pontianak

      Di Indonesia, Garis Khatulistiwa sangat identik dengan kota Pontianak. Hal ini dikarenakan hanya di tempat ini lah garis khatulistiwa tepat membelah pusat ibu kota provinsi. Sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Barat, sektor pembangunan tentu akan lebih baik dibandingkan daerah lain. Disamping itu, Pontianak menjadikan garis khatulistiwa sebagai ikon dan ciri khas kota sehingga semakin menguatkan imej Pontianak sebagai kota khatulistiwa.

      Garis khatulistiwa melintas tepat di jalan Khatulistiwa, Siantan, Kecamatan Pontianak Utara. Perlintasan garis ditandai dengan berdirinya sebuah tugu khatulistiwa dan taman kota yang bernama khatulistiwa park. Tugu yang dibangun belanda pada tahun 1928 ini menjadi daya tarik bagi setiap orang yang berkunjung ke Kalimantan barat.

f. Kota Bontang

      Garis khatulistiwa di Bontang di tandai dengan adanya tugu Khatulistiwa Santan Ulu. Berada di KM 25 Jalan Poros Bontang – Samarinda. Tugu ini diresmikan oleh Panglima ABRI Jendral TNI Faisal Tanjung pada tahun 1993. Bangunan Tugu berbentuk lingkaran memiliki tinggi sekitar 30 meter. Pada puncaknya terpasang arah mata angin dan tulisan posisi tugu yang tepat di 00′ 00’ 00′ dan 117′ 21’ 47′ Bujur Timur.

g. Sulawesi Tengah

      Penanda garis khatulistiwa di Sulawesi Tengah berada di Desa Siney, Kab Parigi Moutong, 160 Km sebelah utara Palu. Adapun ditandai dengan adanya Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong. Tugu yang dibagun tanggal 1992 ini memiliki ketinggian 7 meter. (Baca juga artikel lain pada : Tenggelam di Kedalaman 4 Meter)

h. Kepulauan Kayoa, Halmahera Selatan

      Kayoa sangat terkenal dikalangan para pelancong penggemar wisata pantai dan bawah laut. Pasalnya, pulau ini memiliki aneka ragam jenis biota laut dan terumbu karang yang sangat indah. Kepulauan ini terletak di sebelah barat pulau Halmahera dan termasuk dalah wilayah kabupaten Halmahera selatan, Maluku Utara. Garis khatulistiwa melewati pulau Kayoa induk, ditandai dengan adanya tugu khatulistiwa

j. Pulau Gebe

      Gebe berada di Maluku Utara Indonesia. Terletak di ujung tenggara kaki Pulau Halmahera. Secara administratif masuk ke Kecamatan Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. Secara geografis, Pulau ini berada di ujung dan berbatasan langsung dengan Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

k. Pulau Amberi

      Pulau Amberi juga sering disebut dengan pulau Waigeo. Pulau ini berada di bagian timur Indonesia, tepatnya di Papua Barat. Pulau ini merupakan bagian dari kepulauan raja ampat. Perlintasan garis khatulistiwa berada di Pulau Kawe distrik Waigeo Barat Daratan, Kabupaten Raja Ampat. Ditandai dengan adanya tugu khatulistiwa yang berdiri megah. Pulau ini sangatlah terkenal dengan kekayaan lautnya. Dengan diberdirinya tugu khatulistiwa tersebut tentu akan lebih menunjang sektor pariwisata.   

      Itulah beberapa Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa. Semoga postingan tentang beberapa Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang daerah Daerah di Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa. (Baca juga artikel lainpada : Simulasi UNBK Online IPA)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *