Ciri Setiap Aliran Seni Rupa

Ciri Setiap Aliran Seni Rupa

Ciri Setiap Aliran Seni Rupa

Ciri Setiap Aliran Seni Rupa

      Setelah waktu yang lalu kami posting Pengertian Aliran Seni Rupa, maka kali ini kami lanjutkan pembahasan tentang aliran seni rupa. Dalam hal ini kami akan membahas tentang Ciri Setiap Aliran Seni Rupa. (Pelajari juga : Pengertian Setiap Aliran Seni Rupa)

      Sebagaimana telah atau sedang kita pelajari dari bangku sekolah atau kuliah tentang seni rupa yang terus berkembang sejak lama dan telah melahirkan beragam aliran yang semuanya memiliki kekhasan pada ciri-cirinya masing-masing. Aliran Seni Rupa tersebut terbagi menjadi beberapa macam antara lain; naturalisme, realisme, romantisme, impresionisme, ekspresionisme, kubisme, fauvisme, dadaisme, futurisme, surealisme, kontemporer, popular art, konstruktivisme, neo-klasik, dan abstraksionisme. 

      Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Ciri Setiap Aliran Seni Rupa yang macamnya telah kita sebutkan diatas agar kita dapat mengetahui perbedaan masing-masing lukisan jika kita dihadapkan pada suatu lukisan. (Baca juga artikel lain pada : KLAYAR BEACH FOR RECREATION)

Inilah Ciri Setiap Aliran Seni Rupa:

Aliran Naturalisme

Ciri-cirinya adalah wujudnya yang sama persis dengan sesuatu yang dilihat oleh mata kita. Proporsi, perspektif, keseimbangan, pewarnaan, dan prinsip-prinsip seni rupa lainnya tergambar dengan tepat sesuai pemandangan sebenarnya.

Aliran Realisme

Ciri-cirinya adalah lebih ditekankan pada suasana dibanding objek dari kenyataan tersebut.

Aliran Romantisme

Cici-nya adalah permainan warna yang lebih meriah, objek lebih sedikit, adanya objek pria gagah atau wanita yang lembut.

Aliran Ekspresionisme

Ciri-cirinya adalah objek-objek yang dilukiskan dalam aliran ini biasanya memiliki nuansa kekerasan, kengerian, kemiskinan, kesedihan, dan tingkah manusia.

Aliran Impresionisme

Ciri-cirinya yang paling menonjol adalah objek yang digambarkan tidak mendetik atau agak kabur.

Aliran Kubisme

Ciri-ciri utamanya adalah adanya gambaran yang bentuknya menyerupai bidang-bidang seperti segiempat, segitiga, silinder, lingkaran, bola, kubus, kerucut, dan kotak-kotak.

Aliran Fauvisme

Ciri utamanya adalah pada hasil karya dengan ciri warna yang liar. (Baca juga artikel lain pada : Pesona Alam semesta)

Aliran Dadaisme

Prinsip seni rupa dan ciri-ciri karya yang menggunakan aliran ini antara lain tergambarnya sifat dan karakter aneh dari suatu objek misalnya lukisan Ratu Monalisa yang diberi kumis, WC aneh diberi judul dan dipamerkan.

Aliran Futurisme

Ciri-cirinya adalah Objek dalam aliran ini memiliki ciri yang cenderung lebih mengabadikan gerak, misalnya lukisan kucing yang berkaki lebih dari empat.

Aliran Surealisme

Ciri-cirinya adalah objek dalam aliran ini terdapat keanehan dan kontrol di bawah sadar dari bentuk objek tersebut.

Aliran Konstruktivisme

Ciri-ciri Aliran konstruktivisme adalah seni yang cenderung berbentuk arsitek.

Aliran Post Modern (Kontemporer)

Adapun beberapa ciri objek yang ditunjukan dalam aliran ini antara lain dinamis, mengutamakan kebebasan ekspresi, dan mencolok.

Aliran Popular Art (Pop Art)

Ciri-cirinya adalah Objek dalam lukisan yang menampilkan aliran ini umumnya menampilkan sindiran, karikatur, atau humor.

Aliran Abstraksionisme

Ciri-cirinya adalah objek yang digambarkan nampakn kabur, tidak mendetail bahkan tidak mirip dengan bentuk aslinya karena dipengaruhi oleh imajinasi dan ide dari pelukis itu sendiri. Kombinasi warnanyapun tidak sinkron, objeknya terbilang kabur bahkan seperti tidak ada.

Aliran Neo-Klasik

Adapun beberapa ciri-ciri lainnya antara lain objek lukisan terikat pada norma intelektual akademis, bentuknya selalu seimbang, Batasan-batasan warna bersih dan statis, hiperbolis, raut wajah tenang dan terkesan agung, serta mengandung cerita lingkungan istana.

      Demikianlah pembahasan kami tentang Ciri Setiap Aliran Seni Rupa yang dapat kami bagikan kali ini. Kami berharap semoga postingan kami tentang Ciri Setiap Aliran Seni Rupa  diatas dapat bermanfaat bagi kita dalam bidang seni rupa. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Seni Lukis)

 

You may also like...

1 Response

  1. […]       That’s the information of recreation place about Beauty of Cave or Goa Gelatik we can share in this occasion. We hope the information about the Beauty of Cave or Goa Gelatik above can be useful for us, especially for who want to visit this cave. (Also read other article in Indonesian version at : Ciri Setiap Aliran Seni Rupa) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *