Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme

Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme

Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme

Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme

Pengertian Seni Lukis Naturalisme

       Natural berarti asli atau alami. Karya seni rupa yang beraliran naturalisme berarti karya seni rupa yang menggambarkan sesuatu yang masih asli atau alami. Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. (Baca juga : Ciri dan Tokoh Aliran Surealisme)

       Karya seni rupa naturalisme adalah karya seni rupa yang teknik pelukisannya berpedoman pada peniruan alam untuk menghasilkan karya seni. Dalam karya seni rupa aliran naturalisme seniman terikat pada proporsi, anatomi, prespektif, dan teknik pewarnaan untuk menghasilkan kemiripan lukisan sesuai dengan obyek yang di lihat mata.

       Lukisan-lukisan beraliran naturalisme lebih banyak menghasilkan gambar-gambar alam seperti gunung, pedesaan, pantai, dan pemandangan alam yang ada di bumi ini. Namun tidak berarti harus lukisan tentang alam. Karya seni rupa aliran naturalisme juga dapat berbentuk lukisan tentang orang-orang yang masih asli dengan tradisinya sendiri, misalnya lukisan tentang orang desa atau anak-anak yang sedang bermain di alam bebas. (Baca juga artikel lain pada : Cinta Merubah Segalanya Dalam Sekejap)

       Dari penjelasan tentang seni lukis Naturalisme dapat diambil kesimpulan bahwa Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Contonh, asuki Abdullah melukis seorang perawan desa dengan pakaian lusuh justru tampak seperti bidadari.

       Setelah mengtahui pengertian seni lukis naturalism, kini kita lanjutkan pembahasan kita tentang Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme.

Ciri – ciri aliran seni lukis Naturalisme:    

  • Kebanyakan dari aliran naturalisme mengambil tema tentang
  • Memiliki teknik gradasi warna.
  • Memiliki susunan perbandingan. perspektif, tekstur, perwarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin. (Baca juga artikel lain pada : Kentut Kejutan)
  • Proporsi, persektif, warna dan keseimbangannya sama persis dengan objek aslinya.

Tokoh aliran seni lukis Naturalisme

Pelukis Naturalisme Luar Negeri

  • John Constable.
  • Thomas Cole.
  • William Bliss Baker.
  • William Hogart
  • Frans Hall,
  • Alfredo Volpi
  • Amaldus Nielsen

Pelukis Naturalisme Indonesia

Abdullah Surdrio Subroto.

Basuki Abdullah.

Raden Saleh

Gambir Anom

Trubus.

       Demikianlah pembahasan kami tentang Ciri dan Tokoh Aliran Klasikisme yang dapat kami bagikan kali ini. Kami berharap semoga postingan kami tentang Ciri dan Tokoh Aliran Klasikisme  diatas dapat bermanfaat bagi kita dalam bidang seni rupa. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN PKn SMP Bagian 1)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *