Ciri-Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung

Ciri-Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung

Ciri-Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung

Ciri-Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung

       Sebagaimana yang telah kita pelajari Bersama pada postingan terdahulu  bahwa Angin Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Karena kecepatan tersebut, sehingga Angin puting beliung termasuk kedalam salah satu fenomena alam yang sangat berbahaya. Maka dalam kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan kita berkaitan dengan angin puting beliung, yaitu tentang Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung. (Baca juga : Pengertian dan Proses Terjadinya Embun)

Ciri-Ciri Angin Puting Beliung

       Angin puting beliung merupakan angin yang disebabkan oleh dampak ikutan dari awan cumulonimbus atau Cb yang biasanya tumbuh selama periode musim hujan. Namun perlu diketahui jika tidak semua semua awan Cb akan menimbulkan angin puting beliung. Kehadiran angin puting beliung dapat terjadi secara tiba-tiba yaitu 5 atau 10 menit di area dengan skala yang sangat lokal. Arus udara dari puting beliung yang turun dengan kecepatan tinggi akan menghembus permukaan bumi secara tiba-tiba dan acak. Hal inilah kenapa puting beliung menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan di banyak tempat.

       Pusaran pada angin puting beliung memiliki bentuk yang mirip dengan belalai gajah atau seperti selang pada vacum cleaner. Jika puting beliung berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka lintasannya akan membentuk jalur kerusakan karena bisa menerjang apapun yang dilewatinya. Angin puting beliung banyak terjadi di dataran rendah dan pada siang hari. (Baca juga artikel lain pada : Mulut Kaku Ketika Bertemu Kamu)

       Tanda-tanda atau kondisi akan terjadinya puting beliung sebenarnya bisa diketahui kalau anda teliti. Hal ini bisa dirasakan ketika anda merasakan cuaca panas yang tidak seperti hari-hari biasa. Cuaca panas tersebut secara tiba-tiba digantikan oleh hujan yang lebat dan kemungkinan disertai dengan puting beliung. Adapun gejala awal puting beliung yang perlu anda tahu untuk menambah kewaspadaan anda adalah:

  • Udara yang terasa panas hingga menyebabkan gerah
  • Di langit ada pertumbuhan awan atau awan putih yang membentuk gerombolan berlapis-lapis
  • Di antara banyaknya awan kumulus tersebut, ada salah satu jenis jenis awan yang memiliki batas tepi dengan warna abu-abu yang sangat jelas. Awan tersebut tampak menjulang tinggi yang jika dilihat akan berbentuk mirip dengan bunga kol
  • Awan berubah warna secara tiba-tiba dari warna putih menjadi warna hitam pekat layaknya awan cumulonimbus
  • Ketika angin kencang akan datang, ranting pohon serta daun bergoyang tertiup angin

Masyarakatharus selalu waspada terutama pada periode durasi Pembentukan awan hingga fase awan punah. Hal ini biasanya berlangsung sekitar 1 jam.

Dampak Angin Puting Beliung

       Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh angin puting beliung yang dapat menimbulkan banyak sekali kerusakan yang tidak ringan bahkan ada yang menimbulkan kerugian yang tidak sedikit yang akan mengganggu ruang publik untuk kehidupan.  (Baca juga artikel lain pada : Popcorn Versus Pizza)

Adapun dampak-dampak yang bisa ditimbulkan oleh angin puting beliung yang bersifat merusak antara lain:

  • Kerusakan pada rumah serta infrastruktur pada suatu daeah
  • Dalam kasus puting beliung ada beberapa yang kasus yang menimbulkan korban jiwa
  • Menimbulkan kerugian material
  • Merusak kebun-kebun warga
  • Menciptakan banyak puing-puing dari kerusakan materi serta sampah yang berserakan
  • Dapat menganggu jalannya ekonomi

       Dampak buruk dari angin puting beliung, dapat meluluhlantahkan tempat dengan area yang cukup luas. Dalam hal ini rumah serta banyak tanaman akan hancur serta tumbang akibat diterjang oleh angin puting beliung. Bukan hanya itu, namun makhluk hidup juga bisa mati akibat terlempar atau tertimpa oleh benda-benda keras yang ikut masuk dalam pusaran angin angin puting beliung tersebut.

       Itulah postingan tentang Ciri-Ciri dan Dampak Angin Puting Beliung yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami diatas dapat menambah wawasan kita tentang angin  Puting Beliung. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda tentang Iman kepada Qada dan Qadar)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *