Cabang dalam Pelajaran Matematika

Cabang dalam Pelajaran Matematika

Cabang dalam Pelajaran Matematika

      Sebelum kita mempelajari matematika, alangkah lebih baiknya kita mengetahuibagian-bagian yang mendasari matematika yang berkaitan dengan Cabang dalam Pelajaran Matematika karena hal ini akan mempermudah kita dalam mengelompokkan materi berdasarkan bagian atau cabang dari ilmu matematika tersebut. (Pelajari juga : Definisi dan Jenis Jenis Bilangan)

Inilah Cabang dalam Pelajaran Matematika:

Aritmatika         

      Cabang matematika ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan terhadap orang yang tidak suka matematikapun akan menghadapinya. Aritmatika merupakan cabang yang mempelajari operasi dasar bilangan. seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persen, pemangkatan dsb. contoh dalam kehidupan sehari – hari menghitung uang, laba, rugi, bunga bank.

Geometri

      Ilmu yang membahas mengenai unsur-unsur dan penghitungan bangun datar dan bangun ruang berkaitan dengan bentuk, bidang, dan ruang suatu benda (terutama luas dan volume). Insinyur dan arsitek yang kompeten pasti menguasai cabang Matematika ini.

Aljabar

      Aljabar merupakan ilmu yang memanipulasi operasi arimatika untuk mencari suatu nilai yang tidak diketahui (biasanya dinyatakan dalam variabel x dan y). Kata aljabar sendiri berasal dari bahasa arab al-jabr yang berarti penyatuan bagian yang rusak. Ahli komputer dan programming termasuk mereka yang wajib menguasai aljabar. Bahkan ketika kecil, einstein mulai belajar matematika dari Aljabar ini.

Trigonometri

      Secara bahasa trigon berarti tiga sudut, metri berarti mengukur, cabang ini membahas tentang sudut segitiga dan fungsi trigometri seperti sinus, cosinus, tangen. contoh dalam kehidupan sehari – hari sistem navigasi satelit, menghitung tinggi pohon (Pramuka). Trigonometri adalah cabang matematika yang didedikasikan untuk mempelajari semua properti pada segitiga (terutama sudut dan sisi) beserta manipulasinya. Trigonometri juga harus dikuasai oleh para insinyur dan arsitek.

Kalkulus (deret, limit, turunan, differensial, dan integral)

      Kalkulus mempelajari mengenai perubahan unsur-unsur matematika. Kalkulus berfokus pada limit, turunan, integral, dan deret tak terhingga. Cabang matematika yang satu ini WAJIB dikuasai ilmuwan dan insinyur.

      Ada 2 cabang utama dari kalkulus yang perlu kamu ketahui, yaitu kalkulus differensial dan kalkulus integral. Kalkulus differensial adalah nilai turunan dari suatu fungsi, sedangkan kalkulus integral berfokus pada konsep penjumlahan yang berkesinambungan.

Peluang

      Teori peluang adalah materi untuk mengetahui kemungkinan suatu kejadian akan terjadi. kemungkinan satu kartu, dadu, ataupun bola keluar bisa kamu perkirakan dengan teori peluang. Materi ini pada dasarnya merupakan materi yang cukup menyenangkan.

Statistika

      Statistika adalah sebuah ilmu yang berfokus pada pengolahan data. Ada 2 macam data yang diolah dalam statistika, yaitu data tunggal dan data berkelompok. Data tunggal, yaitu data yang tidak memiliki interval diantara nilai yang akan dihitung, sedangkan data berkelompok adalah data dimana terdapat interval diantara nilai yang akan dihitung.

Logika

      Logika berfokus pada penggabungan dari kekuatan ilmu berpikir (logika) dan kemampuan pembuktian. Oleh karena itu, hasil yang didapat dalam materi logika harus sesuai dengan bukti yang valid. Logika dimasukkan ke dalam matematika karena pada dasarnya, matematika merupakan kumpulan logika manusia yang disusun secara sistematis dan terorganisir sesuai dengan bidangnya.

      Itulah materi tentang Cabang dalam Pelajaran Matematika yang dapat kami bagikan pada edisi kali ini dengan harapan semoga materi tentang Cabang dalam Pelajaran Matematika diatas dapat menambah wawasan kita tentang bagian atau cabang matematika sebelum kita melangkah pada materi selanjutnya. (Pelajari juga Materi Pelajaran lain : Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *