Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris

      Dalam Bahasa Inggris kita mengenal nama-nama hari dalam satu minggu yaitu Monday atau Senin, Tuesday atau Selasa, Wednesday atau Rabu, Thursday atau Kamis, Jumat atau Friday, Saturday atau Sabtu, Sunday atau Minggu.

      Namun tahukah kalian bahwa ternyata Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris tersebut adalah diambil dari nama-nama Dewa dari kebudayaan dan kepercayaan masyarakat Yunani dan Romawi Kuno. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi artikel tentang Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris. (Baca juga : Istilah Penyakit dalam Bahasa Inggris)

Inilah Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris:

Monday (Senin)

      Hari senin atau Monday berasal dari kata Moon’s Day atau hari bulan. Jika dalam bahasa latinnya, dies lunae, hari bulan atau  Mona lisa berarti ‘moon lily’. Bulan kemudian diwujudkan menjadi gambaran seorang dewa yaitu dewa Artemis yang  dilukiskan dengan bulan sabit di bawah kakinya. Selain itu juga ada beberapa perwujudan lain dari dewa bulan seperti  dewi kwan im dengan bulan sabit di kaki mereka juga, dan lainnya

Tuesday (Selasa)

      Hari selasa atau Tuesday berasal dari kata Tiu’s Day, di ambil dari nama dewa perang Tiu. Pada bahasa latin Tuesday juga diartikan sebagai hari Mars yang juga merupakan sebutan dewa perang romawi. Selain itu, orang-orang yunani kuno memanggil hari selasa dengan ‘tiu daeg’. Adapun Tiu adalah nama dari anak laki-laki woden dan frigga yang merupakan berhala yang disembaha para imam mereka zaman dahulu.

Wednesday (Rabu)

      Rabu atau dalam bahasa inggris disebut Wednesday, berasal dari kata Woden’s day. Woden juga biasa disebut degan  odin atau woden. Ini juga merupakan nama dewa – dewa mitologi yunani dan romawi kuno. Odin merupakan ketua dewa yang memerintahkan valkries dengan kuda yang berkaki delapan. Selain itu,  Woden dipercayai sebagai suami dari frigga dan ayah dari thor.

      Wednesday dalam bahasa latin kuno juga disebut dengan Mercury, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yang merupakan nama benda langit yang dijadikan dewa. Mercury sendiri merupakan dewa perdagangan, perjalanan, ilmu pengetahuan, kefasihan  bagi bangsa romawi.

Thursday (Kamis)

      Thursday merupakan nama hari yang berasal dari Thor’s day atau hari Thor. Pada bahasa latin Thursday juga disebut Jupiter. Thor sendiri merupakan sebutan bagi dewa petir dan anak dari Odin. Ia digambarkan menaiki kereta kuda yang ditarik oleh kambing dan memegang palu Miölnir. Dia  ditakdirkan untuk membunuh dan dibunuh oleh ular Midgard. (Baca juga artikel lain pada : Malam Bertabur Cinta)

Jumat (Friday)

      Friday atau Freyja’s day yang juga merupakan pengistilahan Venus. Freyja adalah dewi cinta, dikenal juga sebagai frigga, istri dari odin. Freyja dilambangkan dengan ikan yang merupakan lambang kesuburan.

Saturday (Sabtu)

      Diambil dari saturn, saturn’s day. Adapaun Saturn adalah dewa pertanian bagi masyarakat roma dan pada hari tersebut dikhususkan untuknya. Ia dipercayai telah memerintah bumi selama zaman kebahagiaan dan kebajikan. Dewa tersebut di  india dinamakan dewa shani pooja.

Sunday (Minggu)

      Sunday di ambil dari kata matahari, Sun’s Day dengan bahasa latin “dies solis”. Orang-orang babilon menyembah matahari sebagai tuhan mereka.  Pada tahun 321, constantine mengganti nama sabbat menjadi sunday untuk hari yang dijadikan sebagai hari istirahat.

      Itulah postingan tentang Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga kita memperoleh tambahan ilmu tentang Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa inggris dari postingan diatas. (Baca juga artikel lain dalam versi Bahasa Inggris pada : Morning Sun Illuminates My Indonesia)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *