"> Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu - Berbagi itu Indah

Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu

Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu

Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu

Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu

      Kita pasti mengetahui dan merasa pasti bahwa dalam satu minggu itu ada 7 (tujuh) hari yaitu hari Minggu (Sunday), Senin (Monday), Selasa (Tuesday), Rabu (Wednesday), Kamis (Thursday), Jumat (Friday) dan Sabtu (Saturday). Namun apakah pembaca tahu mengapa dalam satu minggu ada tujuh hari? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka bacalah artikel kami yang berkaitan Asal Usul Jumlah Hari dalam satu pekan. (Baca juga : Daftar Kode Telepon Negara di Seluruh Dunia)

      Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Pekan adalah berasal dari budaya dan ilmu astronomis kuno mengenai perbintangan.  Berawal dari keyakinan arstronomis budaya Romawi kuno yang percaya bahwa  langit memiliki tujuh lapisan. Lapisan tersebut bekaitan dengan tujuh benda langit yang mereka yakini atau percayai. Benda langit tersebut memiliki jarak yang berbeda-beda sehingga digambarkan seolah olah langit itu berlapis-lapis.

      Adapun pembagian tujuh langit itu adalah bahwa di langit pertama ialah Bulan, benda langit yang paling dekat dengan bumi, kemudian diikuti oleh Merkurius atau bintang Utarid di lapis kedua, Venus atau bintang kejora di lapis ketiga, matahari di lapis ke empat, Mars atau bintang Marikh di langit ke lima, Jupiter atau bintang Muystari di langit keenam dan langit ketujuh yaitu Saturnus atau bintang zirah. (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap)

      Kepercayaan tentang benda langit tersebut merupakan keyakinan kuno orang-orang romawi yang menganggap bumi adalah pusat alam semesta. Mereka juga percaya bahwa benda langit tersebut merupakan para dewa yang mempengaruhi kehidupan di bumi. Adapun pengaruh dari benda langit tersebut bergantian dari waktu ke waktu, mulai dari yang terjauh yaitu saturnus hingga bulan. (Baca juga artikel lain pada : Mari Kita Mawas Diri)

      Berdasarkan keyakinan tersebut, pada jam 00.00, Saturnus dianggap paling berpengaruh kepada kehidupan manusia, oleh sebab itu hari pertama dalam bahasa inggris disebut Saturday (Sabtu) atau hari saturnus, dan diteruskan berikutnya. Pada intinya, Pembagian hari dibagi menjadi tujuh karena didasarkan oleh kepercayaan orang romawi dan yunani kuno bahwa terdapat tujuh benda langit yang dapat berpengaruh pada kehidupan di Bumi.

      Itulah postingan kami tentang Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Minggu yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Asal Usul Jumlah Hari dalam satu Pekan diatas dapat bermanfaat bagi kita sebagai tambahan pengatahuan kita tentang jumlah hari. (Baca juga artikel lain dalam versi Bahasa Inggris pada : Teacher Unmarked Hero)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *