Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

       Sebagaimana telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa Angin Muson merupakan gerakan massa udara yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan (benua) dan juga samudera yang mana Angin muson merupakan angin yang berubah secara periodic setiap enam bulan sekali.  Ternyata angin muson ini sendiri dipecah lagi ke dalam dua jenis, yakni angin muson barat dan juga angin muson timur. (Baca juga : Pengertian dan Proses Terjadinya Angin Muson)

Angin Muson Barat

       Angin muson barat atau yang juga disebut sebagai angin muson musim dingin timur laut merupakan angin yang bertiup pada bulan Oktober hingga bulan Maret saat kedudukan matahari dibelahan bumi selatan. Hal ini yang menyebabkan tekanan udara maksimum di Asia dan tekanan udara minimum di Australia, maka bertiuplah angin dari Asia ke Australia ( tekanan tinggi ke rendah ), karena angin melalui Samudera Hindia, maka angin tersebut mengandung uap air yang banyak sehingga pada bulan Oktober hingga Maret di Indonesia terjadi musim penghujan.

       Tekanan udara yang tinggi di bagian timur laut bumi (musim dingin) dan tekanan udara rendah di belahan bumi bagian selatan mengakibatkan perbedaan tekanan sehingga menimbulkan tiupan angin muson barat dari Asia ke Australia yang melewati Indonesia. (Baca juga artikel lain pada : Aku Bukan Anak Broken Home)

Hal ini menyebabkan curah hujan yang tinggi, air melimpah, dan tanah menjadi subur.

Angin Muson Timur

        Angin muson timur atau yang juga disebut sebagai angin muson musim panas barat daya merupakan angin yang bertiup pada bulan April hingga bulan September yang dimana kedudukan matahari dibelahan utara. Akibatnya tekanan udara di Asia rendah dan tekanan udara di Australia tinggi, sehingga angin bertiup dari Australia ke Asia, Angin tersebut melewati gurun yang luas di Australia, sehingga bersifat kering, oleh karena itu Indonesia saat itu mengalami musim kemarau.

       Kebalikan dengan Angin muson barat, terjadinya angin muson timur adalah disebabkan tekanan udara di belahan selatan lebih tinggi daripada tekanan udara di belahan utara. (Baca juga artikel lain pada : Istilah Gaul di Media Sosial Facebook BBM WA)

       Ketika angin bertiup, maka Indonesia akan memasuki musim kemarau, suplai air berkurang, dan menyebabkan tanah menjadi sulit untuk bercocok tanam.

       Itulah postingan materi Ilmu Pengetahuan Sosial tentang dua jenis angin Muson yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang jenis – jenis Angin Muson diatas dapat menambah wawasan kita tentang jenis – jenis Angin. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS PKn Kelas 7 Semester 1)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *