"> Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung - Berbagi itu Indah

Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung

Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung

Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung

Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung

 Seni patung adalah salah satu contoh dari seni rupa tiga dimensi. Dalam membuat Patung diperlukan alat dan bahan. Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung ini bermacam-macam, antara lain adalah sebagai berikut:

Alat Untuk Membuat Patung

Butsir

butsir adalah alat Bantu untuk membuat patung terbuat dari kayu dan kawat. (Baca juga artikel lain pada : Unsur Visual dalam Seni Patung)

Meja Putar

Meja putar adalah meja untuk membuat patung dan dapat di gerakan denagan cara diputar,fungsinya untuk memudahkan dalam mengontrol bentuk dari berbagai arah.

Pahat

pahat merupakan perkakas pertukangan berupa bilah besi yang ujungnya tajam. Alat ini bisa digunakan untuk mengukir bahan keras seperti kayu dan batu.

Palu

Palu dapat digunakan untuk melengkapi pahat.

Cetakan

Cetakan berfungsi untuk mengencangkan ikatan kawat dan memotong ikatan kawat.

Sendok Adukan

Sendok adukan dapat digunakan untuk mengambil adonan dan menempelkannya pada kerangka patung. Bentuk sendok ini rada lebar dengan tangkai yang biasa terbuat dari kayu.

Selain alat tersebut, banyak alat lain yang juga bisa digunakan untuk membuat patung. Misalnya gerinda, sudip, amplas, dll. Alat yang digunakan dapat disesuaikan dengan bahan dan teknik pembuatan patung, misalnya:

Pembuatan patung berbahan tanah liat memerlukan butsir dan sudip untuk mengambil dan menambal atau menambahkan bahan serta menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau secara langsung oleh tangan.

Patung berbahan kayu dalam pembuatannya memerlukan pisau, kapak, martil, gergaji serta ampelas. (Baca juga artikel lain pada : Tersenyum Ketika Ujian Menyapa)

Patung dari bahan batu alat yang digunakan berupa pahat baja, martil besi, gurinda “Grenda”.

Patung cetak dari bahan logam alat yang digunakan ialah kompor pengecor, alat cetak dan gurinda.

Patung pahat dari bahan logam “berupa plat” alat yang diperlukan berupa martil, tatah “patah” dan gurinda “grenda”.

Patung berbahan semen alat yang diperlukan pisau, martil dan tang.

Bahan Untuk Membuat Patung

Dalam seni patung bahan merupakan media ekspresi dalam penciptaan seni patung. Bahan merupakan dasar dari sebuah karya yang belum terproses atau terolah untuk menjadi sebuah barang jadi. Bahan adalah material yang diolah atau diubah sehingga menjadi barang yang kemudian disebut karya seni  (Rondhi, 2003: 25).

Bahan untuk membuat patung bisa dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu sebagai berikut.

  1. Bahan Lunak

Bahan lunak merupakan bahan yang mudah dibentuk seperti tanah liat, lilin, sabun, dll.

Tanah liat

Jika bahan yang digunakan adalah tanah liat, maka harus dipastikan bahwa tanah liat bersih dari kerikil, akar, rumput, dll.

Pembuatan patung dari bahan tanah liat memerlukan alat butsir untuk mengambil, menambal, dan menambah bahan tanah liat tersebut. Lalu juga untuk menghaluskan permukaan dan celah sempit yang sulit dijangkau menggunakan tangan.

Lilin

Bahan lilin mudah didapatkan di toko. Tingkat kelunakannya biasanya bermacam-macam dan bisa dipilih. (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 Bagian 2)

Sabun

Bahan sabun biasanya mudah untuk dibentuk, namun sabun memiliki ukuran yang kecil daripada bahan lainnya.

  1. Bahan Sedang

Bahan sedang adalah bahan yang tidak terlalu lunak, namun juga tidak terlalu keras. Contohnya adalah kayu waru, kayu randu, dan kayu mahoni.

  1. Bahan Keras

Bahan yang keras untuk pembuatan patung bisa berupa kayu dan batu.

Kayu

Bahan kayu keras yang dapat digunakan adalah kayu jati, kayu sonokeling dan kayu ulin. Pembuatan patung dari bahan kayu ini memerlukan berbagai alat yang memadai seperti martil, gergaji, pisau, kapak, amplas, dll.

Batu

Bahan batu yang bisa digunakan adalah batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu marmer. Pembuatan patung dari bahan batu memerlukan berbagai alat seperti pahat baja, martil besi, gerinda, dll.

Selain bahan tersebut, ada bahan lain yang juga bisa digunakan untuk membuat patung. Misalnya semen, gips, perunggu, emas, dll.

Itulah postingan kami tentang Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung diatas dapat menambah wawasan kita, khususnya tentang Alat dan Bahan Untuk Membuat Patung. (Baca juga artikel lain pada : Seven Days for Beloved Father)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *