Keledai dalam Sumur Tua

Keledai dalam Sumur Tua

Keledai dalam Sumur Tua

          Pada zaman dahulu kala di suatu tempat ada seorang petani yang memiliki seekor keledai yang sudah tua. Suatu hari keledai milik sang petani itu terjatuh kedalam sumur tua yang kering, si keledai meronta ronta dan menangis karena ketakutan dan panik. Mendengar suara hewan peliharaannya ketakutan, si petani bergegas keluar rumah dan mencari tahu apa yang sedang terjadi. Alangkah terkejutnya si petani ketika melihat si keledai berada didalam sumur. Ia mulai mencari cara untuk mengeluarkan hewan peliharaannya itu. Ia melihat sumur itu begitu dalam dan keledai itu juga sangat berat. pastilah sangat sulit mengeluarkannya dari dalam sumur tersebut. Iapun tetap berusaha mengeluarkan keledai dari dalam sumur, namun usahanya gagal. Petani itu mulai putus asa.

          Karena keledai itu sudah tua dan sumur itu juga sudah kering dan tak di gunakan lagi, maka ia memutuskan utuk mengubur hewan itu di dalam sumur. Si petani beranggapan kalau dia bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus, Pertama menghentikan penderitaan keledai itu dan kedua menimbun sumur tua yang kering. (baca juga : Sangkar yang Mengekang Kemampuan Kita)

   Lalu si petani memanggil tetangganya datang untuk membantunya, dan mereka pun setuju untuk melakukannya. Mereka mulai mengambil tanah dengan alat seadanya dan menumpahkan tanah tersebut kedalam sumur dan mengenai punggung keledai. Setiap merasakan tanah dan pasir mendarat dipunggungnya, keledai ini menjadi semakin panik dan meronta ronta. Tapi ditengah tengah  kapanikannya, tiba tiba hewan ini mendapatkan ide. Setiap kali si petani dan para tetangganya menumpahkan tanah ke punggung hewan itu, maka dengan seketika hewan inipun langsung mengguncang guncangkan badannya agar tanah jatuh kebawah dan kemudian melangkah keatas tanah itu. Begitu seterusnya, guncang dan melangkan ke atas, guncang dan melangkah keatas. Tanpa terasa sumur itu telah penuh dengan tanah dan akhirnya si keledai tidak lagi melangkah ke atas tapi melangkah ke luar, ia selamat.

      Melihat keledainya tidak terkubur dan bahkan bisa menyelamatkan diri dari lobang sumur tua tersebut, maka petani dan para tetangganya merasa sangat takjub dengan usaha sang keledai dalam usaha untuk menyelematkan diri. Petani itu makin menyayangi keledainya walaupun sang keledai sudah tua.

      Itulah cerita pendek tentang Keledai dalam Sumur Tua yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga cerita tentang Keledai dalam Sumur Tua diatas dapat bermanfaat sebagai pelajaran bagi kita untuk tudak mudah berpurus asa dan tetap berusaha walau beban sangat membebani kita. (kunjungi cerita lain dalam versi bahasa InggrisAdvice of Wise Merchant)

Related posts:

2 Replies to “Keledai dalam Sumur Tua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *